Usai Menang Penghargaan PGA 2017, Program Rumah Uya Malah Ditegur KPI

Christiya Dika Handayani | 2 November 2017 | 22:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Program Rumah Uya baru-baru ini meraih penghargaan dalam ajang Panasonic Gobel Awards (PGA) 2017 sebagai Program Talkshow Terfavorit. Program Rumah Uya mengalahkan program Hitam Putih, Ini Talkshow, Kick Andy dan Mata Najwa dalam kategori tersebut.

Namun, program Rumah Uya kini malah mendapat teguran dari Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat. Hal ini dijelaskan dalam surat bertanggal 27 Oktober 2017.

Dimana, melalui websitenya KPI menemukan pelanggaran di program Rumah Uya yang ditayangkan oleh stasiun Trans 7 pada tanggal 19 Oktober 2017 pukul 17.20 WIB.

Program siaran tersebut menayangkan muatan dua orang wanita yang bertengkar karena saling mengaku sebagai pasangan seorang pria. Pria tersebut kemudian mengungkap bahwa wanita yang berkacamata memiliki pria lain selain dirinya.

KPI Pusat menilai muatan privasi demikian tidak layak ditampilkan, terutama bila menjadi materi yang disajikan dalam seluruh isi mata acara. Jenis pelanggaran ini dikategorikan sebagai pelanggaran atas kewajiban program siaran untuk menghormati hak privasi dalam kehidupan pribadi objek siaran.

Sebelumnya KPI juga menemukan muatan serupa pada tanggal 18 Oktober 2017 pukul 17.01 WIB. Terdapat muatan seorang pria yang marah dan merusak properti serta dua pasang pria dan wanita yang saling berselisih terkait perilaku wanita berambut panjang. Berdasarkan pelanggaran tersebut, KPI Pusat memberikan sanksi administratif Teguran Tertulis.

(dika/ray)

Penulis : Christiya Dika Handayani
Editor: Christiya Dika Handayani
Berita Terkait