Ruth Sahanaya Melepas Album ke-18 Jelang Hari Musik Nasional 2018

Wayan Diananto | 17 Maret 2018 | 11:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Ruth Sahanaya (51) melepas album ke-18 bertajuk Rinduku. Album ini berisi 10 lagu karya Ria Prawiro, yang diaransemen Gihon Lohanda dengan formasi band lengkap.

Ini album dengan dukungan formasi band lengkap kedua dari Ruth Sahanaya. Sebelumnya ada Joyful Christmas (2006). Uthe, demikian Ruth disapa, menyebut Rinduku sebagai album kemerdekaan sebagai penyanyi jaz.

“Saya memulai karier dari kafe-kafe jaz di Bandung. Lalu musisi sekaligus sahabat saya, Aminoto Kosin, memperkenalkan saya kepada pemilik perusahaan rekaman Aquarius Musikindo, J. Soerjoko alias Mas Ook. Mas Ook menawari saya rekaman. Karena musik jaz masih dianggap musik kamar (musik dengan segmen terbatas—red.), maka album pertama saya mengusung genre pop,” cerita Uthe di Jakarta Selatan.

Uthe penyanyi Indonesia pertama yang dinaungi Aquarius. Ia membuka jalan bagi penyanyi lokal lain untuk rekaman di Aquarius yang kala itu hanya mendistribusikan album musisi luar negeri. Kini, Uthe tidak bernaung di perusahaan rekaman tertentu.

“Bisa dibilang, saya memperoleh kemerdekaan kembali yakni berkreasi di genre jaz yang menjadi akar musik saya, sebelum masuk ke studio rekaman. Maka lahirlah album Rinduku dengan single perdana berjudul sama,” ungkap pelantun “Ingin Kumiliki” dan “Keliru.”

Album Ruth Sahanaya ini dirilis menjelang Hari Musik Nasional yang diperingati setiap 9 Maret. 

(wyn  / gur)

Penulis : Wayan Diananto
Editor: Wayan Diananto
Berita Terkait