[RESENSI] Widows: Naskah Kaya Nutrisi, Akting Viola Meninggalkan Impresi 

Wayan Diananto | 9 Desember 2018 | 20:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Hati Veronica (Viola) hancur mendengar kabar suaminya, Harry Rawlings (Liam), tewas dalam indisen baku tembak dengan polisi.

Malam itu, Harry bersama ketiga rekannya, Carlos (Manuel Garcia-Rulfo), Florek (Jon Bernthal), dan Jimmy (Coburn Goss) menggasak uang 2 juta dolar milik politisi Jamal Manning (Bryan Tyree Henry).

Sayang, operasi mereka terendus aparat. Baku tembak berakhir dengan meledaknya mobil van yang digunakan Harry dan kawan-kawan.

Beberapa hari setelah Harry dimakamkan, Jamal mendatangi Veronica. Ia minta agar uangnya dikembalikan dalam sebulan. Sopir pribadi Veronica, Bash (Garret Dillahunt) memberikan kunci peninggalan Harry yang menuntun sang nyonya ke sebuah loker berisi buku. Veronica menyusun aksi perampokan bersama para janda lainnya, Linda (Michelle) dan Alice (Elizabeth) serta pengasuh bayi bernama Belle (Cynthia).

Dalam kondisi terdesak, seseorang biasanya mengeluarkan kemampuan tidak terduga. Tema inilah yang diusung Widows, karya Steve McQueen, yang kita kenal lewat 12 Years A Slave, film terbaik Oscar 2014. Pada 40 menit pertama, beberapa tokoh seolah muncul begitu saja. Tak jelas apa motivasi dan kaitan dengan kasus yang melilit Veronica.

Perlahan, tokoh-tokoh itu terkoneksi dan membentuk konflik yang solid. Steve dengan tekun merangkai cerita yang dibuatnya bersama Gillian, menaburkan bumbu komedi lewat karakter Belle, memberi roman beda kasta melalui tokoh Alice, menggurat konflik psikologis di wajah Viola, plus twist yang bikin kita terkaget-kaget. Butuh sedikit kesabaran untuk menapaki kemelut hidup janda kesepian yang tinggal di apartemen mewah berkawan seekor anjing bernama Olivia. 

Digambarkan dengan detail, Steve memastikan tidak ada karakter yang mubazir di film ini. Bahkan, Olivia berperan penting menyingkap selubung misteri yang tak disadari Veronica. Pada beberapa adegan, khususnya konflik rumah tangga Linda, terkesan klise. Atas nama cinta suami, rela banting tulang demi keluarga, masih pula disalahkan mertua. 

Di atas romantika rumah tangga ini, ada Viola dengan akting jempolan. Ia mengekspresikan duka cita, kehilangan, kesepian, kebingungan, kecemasan, dan kenekatan dengan beragam bentuk. Dari teriakan, tamparan, air mata, hingga sorot mata hampa yang menembus jendela kaca. Lewat Widows, Viola mempersembahkan akting terbaik untuk kali kesekian. Dan Steve, menyuguhkan penyutradaraan yang teliti seraya menghidangkan naskah kaya nutrisi.  

Pemain    : Viola Davis, Liam Neeson, Elizabeth Debicki, Michelle Rodriguez, Cynthia Erivo 
Produser    : Iain Canning, Arnon Milchan, Emile Sherman, Steve McQueen
Sutradara    : Steve McQueen
Penulis        : Gillian Flynn, Steve McQueen
Produksi    : 20th Century Fox, Regency Enterprises
Durasi        : 2 jam, 9 menit

 

(wyn / gur)

Penulis : Wayan Diananto
Editor: Wayan Diananto
Berita Terkait