RESENSI FILM Wonder Park: Belajar Jadi Tangguh di Kala Rapuh

Panditio Rayendra | 13 Maret 2019 | 15:45 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Wonder Park, sebuah film animasi yang menarik dan membawa pesan apik hadir di bioskop. Wonder Park diisi suaranya oleh sejumlah aktor Hollywood yang tak asing lagi, seperti Jennifer Garner dan Matthew Broderick.

Wonder Park mengisahkan tentang June (Brianna Denski), seorang gadis berusia 10 tahun yang kerap berimajinasi memiliki taman hiburan. Khayalan June didukung dan dikembangkan juga oleh ibunya (Jennifer Garner). Sampai suatu hari ibunda June didiagnosa mengidap penyakit serius sehingga harus dirawat di rumah sakit. Jauh dari ibu, June kehilangan semangat, sampai membereskan miniatur taman bermain rekaannya yang dulu memenuhi area rumah. Tak mau putrinya larut dalam kesedihan, ayah June (Matthew Broderick) meminta June ikut outing bersama teman sebayanya. Namun di tengah perjalanan, June kabur dari bus. Saat memasuki hutan, June melihat sebuah taman bermain yang serupa dengan imajinasinya. June bahkan bertemu dengan binatang-binatang yang diciptakan dari imajinasi dia dan ibunya. Sayangnya, kondisi taman bermain tidak seindah dalam khayalannya.

Wonder Park membuat penonton jatuh cinta pada karakter June. Sebagai gadis kecil, June digambarkan realistis. Dari sikap ceria dan penuh semangat, seketika menjadi begitu rapuh saat mengetahui ibunya sakit, dan berubah menjadi pribadi yang kurang menyenangkan. Sosok June ini sekilas mengingatkan pada Riley di Inside Out, yang kesulitan beradaptasi di lingkungan barunya. Sosok tangguh yang mendadak rapuh karena faktor keadaan. Ekspresi wajah yang ditunjukkan June, latar musik dan dialog yang ditampilkan kian menambah atmosfir sedih yang dirasakan sang tokoh utama.

Film yang ceritanya digarap Robert Gordon, Josh Appelbaum, Andre Nemec ini juga mengingatkan pada The Lego Movie, yang memadukan konflik di realita dan imajinasi. Bedanya, karakter dalam dunia nyata di Wonder Park, yaitu June, turut terlibat di permasalahan yang terjadi negeri khayalan.

Bila nuansa sendu tergambar di konflik realita, maka di negeri fantasi dibuat seru dan tegang. Petualangan June dengan Greta si Babi Hutan (Mila Kunis), Boomer si Beruang biru (Ken Hudson Campbell), Steve si Landak (John Oliver), serta duo berang-berang, Gus (Kenan Thompson) dan Cooper (Ken Jeong) hadir menyegarkan. Binatang dengan berbagai sifat ini yang menghidupkan cerita, sekaligus mengubah kesedihan June menjadi penuh semangat dan kembali optimis.

Konflik dan penyelesaian dalam Wonder Park tersaji dengan efektif. Durasi 85 menit terasa cepat. Original soundtrack yang dibawakan Rachel Platten memiliki lirik yang mewakili isi film, dan nyaman didengar. Salah satu film animasi yang membuat Anda merasa 'feel good' usai menontonnya.

(ray/ray)

Penulis : Panditio Rayendra
Editor: Panditio Rayendra
Berita Terkait