RESENSI FILM Pokemon Detective Pikachu: Kisah Investigasi Lucu dan Seru

Panditio Rayendra | 8 Mei 2019 | 21:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Pokemon Detective Pikachu menghiasi layar bioskop Indonesia mulai Rabu 8 Mei 2019. Ryan Reynolds menjadi daya tarik film arahan sutradara Rob Letterman ini.

Cerita Pokemon Detective Pikachu dimulai ketika Tim (Justice Smith) mendapat kabar tentang kematian sang ayah, Harry. Tim lalu bertolak ke kota tempat sang ayah tinggal, dan menemukan Pokemon milik sang ayah, Pikachu (disulih suara oleh Ryan Reynolds) yang mengalami hilang ingatan. Mereka lalu berkenalan dengan seorang reporter magang, Lucy Stevens (Kathryn Newton), menyelidiki apa yang sebenarnya terjadi pada Harry. Mereka yakin Harry belum meninggal. Misi mereka ternyata berkembang menjadi rumit, dan tidak sekadar soal Harry.

Pokemon Detective Pikachu memadukan aksi petualangan dan konflik keluarga dalam komposisi yang sesuai. Naskah yang juga digarap oleh Rob Letterman, menampilkan hubungan Tim dan sang ayah yang jauh dari kata harmonis. Lewat sejumlah adegan kilas balik, kisah masa lalu Tim digambarkan dengan cukup menyentuh. Dari segi aksi, petualangan yang dialami Tim mengingatkan pada gaya sejumlah film superhero. Menampilkan laboratorium rahasia yang canggih, kekacauan di pusat kota, dan pertempuran dahsyat yang memanjakan mata. Yang mungkin sedikit kurang meyakinkan, adalah chemistry antar pemain. Interaksi antara Tim dan Pikachu, juga dengan aktor-aktris lainnya, tak terlihat nyata. Demikian juga proses investigasi yang dilakukan Tim, pada beberapa momen terkesan bertele-tele dan tidak penting.

Meski demikian, peran Ryan Reynolds sebagai pengisi suara Pikachu cukup menolong. Ia terdengar begitu lepas dan bersemangat dalam mengisi suara Pikachu, membuat karakter menggemaskan ini terasa sungguh hidup. Pemunculan Rita Ora dalam film ini cukup memberikan warna. Rita Ora juga menjadi pelantun original soundtrack Pokemon Detective Pikachu, yang berjudul Carry On.

Bagi kaum dewasa yang mengikuti Pokemon, menonton Pokemon Detective Pikachu seperti membuka memori saat versi serial animasi ini menghiasi layar kaca pada tahun 2001. Sementara bagi penonton anak, pemunculan sejumlah pokemon yang imut bisa menjadi magnet tersendiri. Pokemon Detective Pikachu berpeluang menjadi hiburan menarik bagi mereka yang gemar bermain game Pokemon atau mengikuti serialnya. Namun bagi yang tidak mengerti Pokemon sebelumnya, mungkin akan sedikit bertanya-tanya terkait 'aturan' Pikachu dan pocket monster yang lainnya.

(ray/ray)

Penulis : Panditio Rayendra
Editor: Panditio Rayendra
Berita Terkait