RESENSI FILM Yesterday, Andai Dunia Tanpa The Beatles

Panditio Rayendra | 29 Juni 2019 | 09:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Film drama musikal produksi Inggris, Yesterday, hadir membawa kisah unik. Film Yesterday menampilkan aktor berdarah India Himesh Patel dan Lily James sebagai pemeran utama.

Yesterday mengisahkan perjuangan Jack Malik (Himesh Patel) untuk menjadi musisi terkenal. Ia beberapa kali mendapat kesempatan manggung di tempat umum, namun respon yang didapat datar. Hanya Ellie (Lily James), sahabatnya sejak kecil yang selalu memberikan dukungan dan memuji lagu yang diciptakan Jack.

Hingga Jack sampai pada titik rendah, merasa tidak ada harapan baginya untuk menjadi musisi populer. Kecelakaan terjadi. Pemadaman listrik yang terjadi selama 12 detik melanda seluruh dunia, membuat Jack yang tengah bersepeda mengalami kecelakaan.

Setelah keluar dari rumah sakit, Jack kembali memetik gitarnya dan menyanyikan lagu Yesterday milik The Beatles. Betapa kagetnya Jack ketika Ellie dan teman-temannya mengaku tidak pernah mendengar lagu itu, bahkan tidak mengenal The Beatles. Jack makin kaget kala tak berhasil menemukan apapun terkait band The Beatles di internet.

Singkat cerita, Jack membawakan beberapa lagu The Beatles yang diakui sebagai karyanya dan menjadi terkenal di level internasional. Tapi hal ini justru menjauhkan Jack dari Ellie, wanita yang dicintainya.

Yesterday disutradarai oleh Danny Boyle, yang dikenal berkat Slumdog Millionaire (2008) dan Steve Jobs (2015). Sementara naskahnya ditulis oleh Richard Curtis, yang juga menulis film romantis popular di antaranya Four Weddings and a Funeral (1994), Notting Hill (1999), Bridget Jones’s Diary (2001), dan Love Actually (2003).

Yesterday jenis film yang membuat Anda ‘feel good’ setelah menyaksikannya. Tak sekadar kisah cinta, tak cuma memanfaatkan lagu The Beatles yang abadi. Dialognya kerap memberikan sindiran terhadap fenomena yang tengah terjadi saat ini, termasuk perbedaan membuat dan mendistribusikan lagu di jaman dulu dan sekarang. Tak cuma The Beatles yang tiada di dunia Jack. Beberapa hal populer seperti minuman bersoda pun tak ada. 

Himesh Patel tampil all-out di film berdurasi 116 menit ini. Ekspresi dan gestur tubuhnya menunjukkan emosi karakter Jack dengan baik. Bagaimana reaksi seseorang ketika merasa bersalah karena mengakui karya orang lain, menghadapi ketenaran yang datang secara mendadak dan cepat, sampai harus memilih antara karier atau wanita yang dicintainya; ditampilkan dengan sangat meyakinkan. 

Penulis : Panditio Rayendra
Editor: Panditio Rayendra
Berita Terkait