Our Father: Kisah Nyata Dokter Kesuburan Menanam Benihnya Sendiri Pada Puluhan Wanita Tanpa Izin

Vallesca Souisa | 16 Mei 2022 | 10:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Netflix belum lama ini merilis film dokumenter yang diangkat dari kisah nyata berjudul Our Father. Film dokumenter ini berkisah tentang dokter di Indiannapolis bernama Donald Cline yang diam-diam melakukan praktek Inseminasi tanpa persetujuan pasien. Praktek Inseminasi merupakan proses pemasukan sperma ke dalam genitalia wanita.

Proses Inseminasi biasanya dilakukan oleh para ibu yang ingin memiliki anak namun memiliki masalah kesuburan. Ada 94 anak dari ibu yang berbeda yang disinyalir merupakan hasil dari donor sperma ilegal Cline. Bahkan, 94 anak tersebut hidup di satu kota yang sama dan saling berhubungan satu sama lain tanpa mengetahui bahwa mereka punya hubungan sedarah.

Cline telah melakukan praktek itu selama 10 tahun hingga memungkinkan ada lebih banyak lagi anak hasil donor sperma ilegal tersebut. Cline juga berbohong dan menyatakan bahwa sperma yang didonorkan adalah hasil pilihan pasien atau sampel residen medis. Eksperimen gila Cline ini sudah berlangsung sejak dekade 1970-an hingga 1980-an.
Aksi gila Cline mulai terungkap saat Jacoba Ballard asal Indiana melakukan tes DNA. Hasil tes DNA itu membuat Jacoba syok karena menyatakan dirinya memiliki tujuh saudara tiri.

Tak berhenti sampai di situ, Jacoba lantas menemukan 50 saudara tiri lainnya saat melanjutkan penyelidikan lebih lanjut. Para anak tersebut termasuk Jacoba lantas mencoba untuk menuntut pertanggungjawaban dari Cline. Sayangnya, aturan hukum yang tidak jelas soal praktek ilegal tersebut membuat Cline lolos dari tuntutan. Cline lantas baru mengaku bersalah pada 2017 dan menyerahkan lisensi medis saat sudah resmi pensiun sejak 2009. Cline kemudian diganjar hukuman percobaan dan mendapatkan denda sebesar US$500

Penulis : Vallesca Souisa
Editor: Vallesca Souisa
Berita Terkait