Final Liga Champions Liverpool vs Real Madrid di SCTV Minggu Dini Hari: Data, Fakta, Rekor Pertemuan Hingga Prediksi

Indra Kurniawan | 27 Mei 2022 | 12:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Liga Champions musim 2021-2022 akhirnya mencapai partai puncak. Dua tim terbaik, Liverpool dan Real Madrid, akan saling berhadapan di Stade de France, Paris, Prancis pada Minggu (29/5) dini hari. Siapapun pemenang laga yang disiarkan langsung SCTV mulai pukul 02.00 WIB akan mengukir rekor tersendiri.

Ini kali ketiga The Reds bentrok dengan Los Blancos di partai final Liga Champions. Liverpool menang 1-0 di final musim 1980-1981. Sementara Madrid membungkam Liverpool 3-1 di final musim 2017-2018 lewat brace Gareth Bale. 

Total kedua tim telah berjumpa delapan kali di Liga Champions, dengan empat kemenangan milik Madrid berbanding tiga Liverpool. Pertemuan terakhir mereka terjadi di perempat final musim 2020-2021 yang dimenangkan Madrid dengan agregat 3-1. 

Liverpool melaju ke final Champions musim ini dengan kepercayaan diri tinggi. Dari 12 laga yang telah dilakoni, 10 di antaranya berakhir dengan kemenangan. Liverpool ke final usai menundukkan wakil Spanyol lainnya, Villareal dengan agregat skor 5-2.

Madrid sendiri baru memetik 8 kemenangan, 3 kemenangan terakhir bahkan sangat luar biasa. Mereka bertarung hingga menit akhir bahkan memaksakan perpanjangan waktu. Seperti saat mengalahkan Manchester City dengan agregat skor 6-5 di babak Semifinal.

Liverpool memburu gelar ketiga musim ini usai memboyong trofi Piala Liga Inggris dan Piala FA. Satu-satunya trofi domestik yang lepas dari genggaman adalah Liga Premier Inggris, yang pada akhirnya diraih Manchester City untuk kali keempat dalam lima musim terakhir. 

Sementara itu Madrid mengejar gelar kedua usai menyabet gelar La Liga dengan keunggulan cukup jauh dari Barcelona yang menempati posisi runner up. Madrid juga memburu gelar ke-14 Liga Champions. 

Baik Liverpool dan Real Madrid musim ini memiliki kekuatan merata dan berimbang di segala lini. Liverpool musim ini telah menggelontorkan 147 gol ke gawang lawan dari 62 pertandingan yang dijalani. 

Mo Salah menjadi pemain terproduktif pasukan Jurgen Klopp dengan 23 gol dan 13 umpan yang dikonversi menjadi gol oleh rekan setim. Disusul Diogo Jota (15/4), Sadio Mane (16/2), dan Trent Alexander-Arnold (2/12).

Madrid musim ini telah mencetak 118 gol dari 55 laga yang dilakoni. Terproduktif adalah Karim Benzema dengan 27 gol dan 12 assist, disusul Vinicius Junior (17/10) dan Luca Modric (2/8). Ketergantungan Madrid pada Benzema musim ini tak dapat dipungkiri sangat tinggi.

Tim mana berpeluang besar meraih trofi kuping besar musim ini? Keduanya memiliki peluang yang sama. Bukan tidak mungkin bahkan laga tersebut bakal berlanjut hingga perpanjangan waktu. Namun ditilik dari data musim ini, Liverpool yang haus gelar juara memiliki peluang paling besar dibanding Madrid. Kita tonton saja besok Minggu dini hari.

Penulis : Indra Kurniawan
Editor: Indra Kurniawan
Berita Terkait