Kulit Tangan Kering dan Kasar? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Mentari Chairunisa | 6 Februari 2019 | 12:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Kulit tangan yang memerah, kering, pecah-pecah, bahkan mengelupas merupakan masalah yang sering terjadi. Kondisi ini tentu sangat tidak nyaman, apalagi tangan merupakan bagian tubuh yang sering digunakan untuk melakukan berbagai aktivitas. 

Masalahnya, kadang hal-hal kecil yang dilakukan sehari-hari bisa jadi penyebab timbulnya masalah kulit. Agar tidak semakin parah, yuk kenali penyebab kulit tangan kering dan kasar berikut ini.

Sering Mencuci dengan Tangan

Mencuci piring atau pakaian menggunakan tangan sering menjadi penyebab munculnya masalah kulit. Hal ini disebabkan karena paparan zat kimia yang terkandung dalam sabun cuci sehingga menyebabkan kulit iritasi. Kulit yang sering terpapar zat kimia tersebut bisa menjadi kering, kemerahan, dan mengalami penebalan. Karena itu, mulai sekarang gunakan sarung tangan karet agar kulit tidak terpapar langsung dengan sabun cuci, ya!

Aktivitas di Ruangan Ber-AC

Beraktivitas di ruangan ber-AC memang terasa nyaman dan sejuk, tapi tanpa disadari paparan AC juga bisa menyebabkan kulit kering, lho. Sebab, meski terasa sejuk namun udara AC justru membuat kulit kehilangan kelembapan alaminya sehingga kulit menjadi dehidrasi. 

Salah Memilih Sabun

Mencuci tangan dengan sabun memang penting untuk membunuh bakteri dan kuman. Tapi kalau terlalu sering justru bisa membuat kulit menjadi kering, apalagi jika sabun yang digunakan mengandung sodium laureth sulfate (SLS) sebagai penghasil busa.

Sabun yang menghasilkan banyak busa atau yang mengandung antiseptik akan menyerap kelembapan kulit. Sebaiknya pilih sabun cuci tangan yang gentle dengan kandungan zat kimia yang minim.

Paparan Air Bermineral Tinggi

Air yang mengandung kadar mineral tinggi, seperti magnesium, timbal, dan zinc bisa membuat kulit menjadi kering. Kandungan mineral tersebut juga bisa membuat minyak alami dalam kulit tersumbat sehingga pengaplikasian pelembap atau lotion tidak bisa terserap ke dalam kulit. 

Sering Menggunakan Hand Dryer

Hand dryer sering digunakan sehabis mencuci tangan di toilet umum atau di restoran. Alat pengering ini memang cenderung lebih praktis dan ramah lingkungan dibanding harus mengelap tangan dengan tisu. Tapi, udara panas yang dikeluarkan hand dryer rupanya bisa mengikis kelembapan alami kulit. Cobalah menggunakan handuk kecil atau sapu tangan untuk mengeringkan tangan.

Kulit tangan yang kering bisa diminimalisir dengan menghindari kebiasaan-kebiasaan tersebut. Selain itu, cobalah untuk rajin menggunakan hand cream untuk mengembalikan kelembapan kulit tangan seperti Viva Hand & Nail Cream dengan kandungan ekstrak Honey Melon sebagai pelembap alami kulit.

Diperkaya vitamin F dan allantoin, Viva Hand & Nail Cream juga mampu melembutkan kulit tangan dan merawat kuku agar tidak mudah rapuh. Formulanya yang ringan membuat Viva Hand & Nail Cream mudah meresap dan tidak lengket di kulit. 

Oleskan Viva Hand & Nail Cream ke permukaan kulit tangan dan sekitar kuku, lalu pijat-pijat dengan ringan. Untuk hasil maksimal, gunakan secara rutin terutama setelah mandi dan cuci tangan. 
 

Penulis : Mentari Chairunisa
Editor: Mentari Chairunisa
Berita Terkait