Berniat Jadi YouTuber? Ini Alat dan Aplikasi yang Wajib Dimiliki

Agestia Jatilarasati | 13 Oktober 2019 | 01:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Tidak harus menjadi artis untuk bisa terkenal. Dengan medsos seperti YouTube, Anda bisa dikenal khalayak. Profesi vloger menjadi pekerjaan impian generasi muda saat ini. Namun ada beberapa hal yang harus dipersiapkan dari konten yang menarik hingga kemasan video yang ciamik. Vloger kecantikan, Rachel Goddard, menjelaskan, untuk menghasilkan video yang menarik Anda harus memiliki beberapa perangkat berikut ini.

Kamera DSLR atau mirrorless

DSLR dan mirrorless, jenis kamera yang paling banyak dipakai para vloger Indonesia saat ini. Rachel mengulas, kualitas bidikan kamera DSLR dan mirrorless bagus dengan harga lebih terjangkau jika dibandingkan dengan peralatan videografi profesional. Jika Anda pemula, YouTuber yang memiliki 1,5 juta akun berlangganan itu menyarankan untuk menggunakan mirrorless karena kualitas fitur videonya bagus. Selain mudah dioperasikan, bentuk kamera mirrorless yang lebih kecil membuatnya mudah dibawa ke mana-mana.

“Kalau belum punya kamera DSLR atau mirrorless, Anda bisa memakai kamera ponsel cerdas. Sekarang banyak ponsel yang dilengkapi kamera canggih bahkan, ada yang sampai puluhan megapiksel. Kalau bujet terbatas, beli kamera seken juga boleh. Saya dulu juga beli kamera seken seharga 3 juta rupiah,” ujar Rachel.

Ring light

Yang perlu diperhatikan dalam merekam video, kualitas pencahayaan yang baik. Ring light disebut lampu ajaib oleh para vloger karena menghasilkan pencahayaan yang memadai. Rachel menggemari ring light karena bentuknya lingkaran sehingga penerangan untuk objek bagian tengah netral sementara bagian tepi yang terpapar sinar tampak lebih terang. Pencahayaan semacam ini sangat bagus untuk syuting di dalam ruangan.

“Kalau belum punya ring light, kita, kan tinggal di Indonesia yang sinar mataharinya sangat bagus. Anda bisa memanfaatkan sinar matahari sebagai pencahayaan alami saat merekam video. Carilah tempat yang mendapat sinar matahari. Di depan jendela, misalnya. Anda bisa merekam video di situ,” Rachel memberi saran.

Tripod

Tripod berguna untuk menopang dan menstabilkan pergerakan kamera sehingga risiko rekaman goyang bisa diminimalkan. “Agar video Anda lebih enak dilihat, enggak goyang, atau enggak stabil, gunakan tripod. Sekarang banyak model tripod dari yang kecil sampai besar dengan harga bervariasi. Anda bisa memilih yang tripod yang kecil, letakkan di meja saat hendak merekam video,” terang cewek berkulit sawo matang ini.

Kartu memori

“Ini benda kecil tapi kalau ketinggalan bisa bikin para vloger kalang kabut. Rekaman video yang kualitasnya bagus pasti butuh banyak ruang penyimpanan. Karenanya, saya sarankan memilih kartu memori berkapasitas besar. Kalau bisa jangan cuma satu. Minimal dua. Kalau kartu memori yang satu penuh, Anda enggak perlu repot memindahkan datanya dulu ke laptop atau menghapus video lama,” Rachel mengingatkan.

Aplikasi sunting video

Setelah konten video direkam, saatnya untuk menyunting dan mengunggahnya di YouTube. Untuk itu, Anda harus menyiapkan laptop yang dilengkapi aplikasi sunting video. Selain konten menarik, penyutingan video yang rapi dan tampak profesional akan lebih digemari warganet. “Dulu waktu masih menyunting video sendiri, saya menggunakan aplikasi VideoPad dan Windows Movie Maker. Keduanya sangat mudah dioperasikan. Untuk para pemula, aplikasi ini bisa menjadi pilihan. Selain itu, perhatikan gambar ikon setiap video yang kalian unggah. Kalian bisa menggunakan aplikasi penyunting gambar seperti Canva untuk mengedit gambar yang menarik perhatian khalayak,” pungkasnya.

 

 

Penulis : Agestia Jatilarasati
Editor: Agestia Jatilarasati
Berita Terkait