Ini Alasan Kenapa Banyak Orang Gemar Belanja Online

Tubagus Guritno | 13 November 2019 | 00:47 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Gaya belanja masyarakat di Indonesia saat ini sudah mulai berganti. Mulai dari belanja secara konvensional hingga kini masyarakat sudah menyukai online shopping. Fenonema online shopping ini salah satunya dipengaruhi oleh faktor semakin pesatnya orang yang dapat mengakses internet di Indonesia.

Online shopping saat ini bisa dilakukan melalui website atau situs belanja online, sosial media, serta aplikasi belanja online. Aktivitas ini tumbuh dan semakin berkembang menjadi kebiasaan di kalangan masyarakat yang modern.

Kehadiran online shopping dan internet merefleksikan sebuah zaman modernisasi global. Kini semua transaksi bersifat maya, alias semua produk, penjual, transaksi pembayaran dilakukan secara virtual. Keuntungannya, kita juga dapat berbelanja di rumah tanpa harus keluar bermacet-macetan, menghadapi udara yang panas dan tentunya menghindari antrian yang panjang.

Berikut ini alasan kenapa banyak orang, termasuk di Indonesia menyukai online shopping:

1. Hemat Waktu dan Tenaga

Lalu lintas yang kian macet membuat semua orang harus melalui perjuangan berat untuk berpindah tempat. Tak heran jika online shopping kini dijadikan pilihan bagi mereka yang tidak memiliki banyak waktu untuk belanja di pusat perbelanjaan. Dengan online shopping, kamu tidak perlu repot-repot lagi melewati kemacetan untuk sampai di suatu pusat perbelanjaan. Kamu bisa memperoleh barang yang diinginkan hanya dengan mengakses internet melalui smartphone kesayangan.

2. Barang yang Dibeli Diantarkan Langsung Ke Rumah

Produk  yang dibeli dari toko online akan diantar langsung ke alamat kamu. Dapat melalui jasa pengiriman barang atau diantar langsung oleh penjualnya. Sebagian besar masyarakat Indonesia mengatakan bahwa barang yang diantar kerumah saat melakukan online shoppingakan membuat segalanya jadi lebih efisien ketimbang yang membawa barang dengan jumlah banyak ketika belanja di toko konvensional.

3. Dapat Membandingkan Barang yang Dibeli dengan Sejenisnya Secara Mudah

Kelebihan lain dari online shoppingyaitukamu dapat dengan membandingkan antara produk yang ingin dibeli dan sejenisnya secara mudah. Jika di toko offline, kamu harus repot kesana kemari, belum lagi biaya transportasi yang harus dikeluarkan. Nah dengan toko online, kamu dapat mengakses berbagai toko untuk membandingkan barang dan harganya hanya dari smartphone saja.

4. Praktis Banget

Yap, ini yang terpenting, online shopping itu sangat praktis. Calon pembeli cukup menggunakan smartphone atau gawai lainnya serta koneksi internet, kemudian sudah bisa belanja dari mana saja dan kapan saja. Apalagi didukung dengan sistem pembayaran online banking yang sudah semakin canggih pada masa sekarang ini, sudah tentu belanja apapun hanya dari smartphone saja. Setelah proses pembelian selesai, barang akan dikirim ke pembeli menggunakan jasa kurir.

Penulis : Tubagus Guritno
Editor: Tubagus Guritno
Berita Terkait