Yuk, Tingkatkan Literasi Anak dengan Mengajaknya ke Taman Baca

Redaksi | 27 Januari 2020 | 22:15 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Rendahnya minat baca anak maupun orang dewasa di Indonesia bisa diakali dengan penyediaan buku dalam berbagai format dan genre di rumah. Jika anggaran beli buku cekak, Anda bisa mengajak si kakak ke taman baca atau perpustakaan umum terdekat. Belakangan, taman baca mulai banyak. Mengingat, sejumlah perusahaan sahabat anak berkontribusi mendirikan taman baca buat keluarga. Ini memudahkan khalayak mengakses buku. Tujuan akhirnya, meningkatkan literasi dan minat baca masyarakat. Jadi tak ada lagi alasan malas baca karena harga buku makin mahal dan sebagainya.

Salah satu institusi anggota Asosiasi Perusahaan Sahabat Anak Indonesia adalah Hokben. Bulan ini, HokBen menggandeng Gramedia Asri Media untuk memberi sumbangan rak dan ribuan buku bacaan untuk 35 titik Taman Baca Masyarakat (TBM) di Indonesia. Marketing Communication Group Head PT Eka Bogainti, Francisca Lucky menyebut ada dana CSR sebesar 704 juta rupiah yang diserahkan kepada Elex Fiction and Non Books Manager, Ida Bagus Kade Syumanjaya, untuk merealisasikan program yang jadi bagian dari payung CSR HokBen Cinta Pendidikan yang dimulai tahun 2001. 

“Pemilihan jumlah total 35 titik TBM yaitu sebagai simbol HokBen memasuki usia 35 tahun pada April tahun ini. Pemberian bantuan rak dan buku-buku bacaan diharapkan bisa ikut mendukung peningkatan literasi masyarakat dan pendidikan di Indonesia. Kami percaya pendidikan penting serta dapat mengubah kehidupan seseorang menjadi lebih baik. Sedangkan berbagi dengan sesama sejalan dengan semangat kami,” urai Fransisca Luckjy melalui siaran persnya, pekan ini.

Yang menarik, proses penyaluran sumbangan rak dan ribuan buku bacaan ke 35 TBM melibatkan platform gerakan literasi #akubaca. Diinisiasi sejak 2017, #AkuBaca yang mengusung tagline Gerakan Literasi Nusantara, melakukan berbagai program peningkatan literasi lewat gerakan penyadaran membaca atau peningkatan akses bacaan, untuk lebih dari 300 TBM di berbagai daerah. Ini upaya untuk mendorong tumbuh-kembang TBM yang berjumlah ribuan di Indonesia.

 

Penulis : Redaksi
Editor: Redaksi
Berita Terkait