4 Tren Topik yang Dapat Dimanfaatkan untuk Kesuksesan Aktivasi Brand di Twitter

Redaksi | 26 Februari 2020 | 18:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Ramadan tinggal beberapa bulan lagi, dan brand sudah mulai mempersiapkan aktivasi khusus yang dapat menjadikan mereka bagian dari percakapan masyarakat selama bulan suci berlangsung nanti. Dengan karakternya yang real-time, Twitter menjadi tempat di mana masyarakat Indonesia juga banyak berbagi dan mencari berbagai informasi umum terkait Ramadan; seperti makanan (60%) dan konten religi (60%), dan hiburan (48%). 

Dwi Adriansah, Country Industry Head, Twitter Indonesia dalam rilis yang kami terima menyebutkan, “Twitter adalah tempat di mana orang berkumpul untuk mencari dan berbagi informasi yang sesuai dengan interest mereka."

Dengan akan banyaknya aktivasi online dan offline selama Ramadan, brand perlu mengambil langkah strategis agar dapat menjadikan aktivasi mereka relevan dan menjadi top of mind audiens mereka. Salah satunya adalah dengan fokus terhadap penggunaan video. Jika dibandingkan dengan bulan Ramadan tahun 2018, terdapat peningkatan sebesar 148% terhadap konsumsi video di Twitter di Indonesia pada bulan Ramadan 2019.

Terkait dengan hal ini, Twitter menganalisa percakapan di Indonesia selama setahun terakhir dan membeberkan 4 tren topik percakapan yang dapat dimanfaatkan oleh brand untuk kesuksesan aktivasi di Twitter pada bulan Ramadan. 

1.  Tweet terkait gaming meningkat 2x lipat pada bulan Ramadan
Meningkatnya industri e-Sport juga terlihat dari volume pembicaraan tentang gaming di Twitter. Hal ini tidaklah mengherankan mengingat 73% pengguna Twitter di Indonesia bermain video games; baik itu melalui perangkat selular, desktop, maupun konsol. Pada tahun 2019, jika dibandingkan dengan satu bulan sebelumnya, percakapan tentang gaming meningkat 2x lipat di hari pertama Ramadan.

2. Percakapan seputar hiburan meningkat 25% pada bulan Ramadan 2019
Pengguna Twitter di Indonesia juga rajin mencari konten hiburan untuk menemani bulan Ramadan mereka. Jika dibandingkan dengan periode tiga bulan sebelumnya, terjadi peningkatan 25% dalam jumlah volume Tweet atau percakapan tentang hiburan selama bulan Ramadan 2019. 46% pengguna di Indonesia bahkan melakukan aktivitas di Twitter saat mereka sedang menonton televisi, dan puncaknya adalah antara jam 18.00 - tengah malam. 

3. Diskusi hangat seputar olahraga 
Tidak hanya pembicaraan tentang gaming atau hiburan, olahraga juga menjadi topik yang turut meramaikan linimasa Twitter saat bulan Ramadan tiba. Di Twitter, pembahasan mengenai olahraga juga memiliki audiens-nya tersendiri: mulai dari pembahasan sepak bola Liga Inggris, badminton, hingga MotoGP. Sepak bola, badminton, dan basket menjadi tiga jenis olahraga teratas yang banyak dibicarakan di 2019 di Indonesia. Percakapan tentang Liga Inggris bahkan meningkat 2x lipat pada bulan Ramadan 2019.

4. Pembicaraan di Twitter mengenai lingkungan meningkat dalam lima tahun terakhir 
Topik lingkungan tidak kalah seru dibicarakan oleh audiens karena meningkatnya kesadaran masyarakat untuk menjaga bumi. Sebanyak 49% pengguna Twitter di Indonesia setuju bahwa sangat penting bagi mereka untuk turut berpartisipasi atau melakukan sesuatu dalam merawat lingkungan.

Dwi Adriansah menekankan kembali bagaimana sebuah brand dapat menjadi top of mind selama bulan Ramadan. “Kesuksesan kampanye sebuah brand juga tergantung dari relevansi konten yang mereka gunakan dengan ketertarikan audiens dan momentum yang sedang terjadi."

Penulis : Redaksi
Editor: Redaksi
Berita Terkait