Ladies, Jangan Terlalu Banyak Duduk, Kematian Dini Mengincarmu!

AURA | 14 Juni 2021 | 11:45 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Sebuah studi menyimpulkan, wanita yang menghabiskan waktu duduk dalam waktu lama, memiliki resiko tinggi meninggal dunia lebih dini. 

Secara mengejutkan, ini tetap berlaku bahkan ketika faktor lain seperti penyakit kronis, upaya fitness dan mobilitas fisik telah dipertimbangkan, demikian dilaporkan Huffington Post.

Penemuan ini akhirnya menambah serangkaian bukti yang menunjukkan bahwa duduk secara berlebihan terkait erat dengan berbagai penyakit dan peningkatan resiko kematian.

"Asumsinya selama ini adalah jika Anda sehat dan secara fisik aktif, ini akan melindungi Anda walaupun Anda menghabiskan banyak waktu duduk setiap hari," ungkap Rebecca Seguin selaku asisten professor sains nutrisi dari Cornell University's College of Human Ecology.

"Padahal, dengan melakukan hal tersebut, tanpa disadari, Anda semakin tidak terlindungi dari efek kesehatan negatif yang menetap," tambahnya.

Studi yang dipublikasi dalam American Journal of Preventive Medicine ini melihat data dari 92,234 wanita yang telah memasuki fase menopause diantara rentang usia 50 dan 79. Masing-masing wanita diketahui menghabiskan waktu duduk rata-rata sebanyak 10 jam setiap harinya.

Wanita yang menghabiskan lebih dari 11 jam istirahat atau duduk setiap hari, memiliki peningkatan resiko sebesar 12 persen terhadap kematian dibandingkan wanita yang hanya duduk selama empat jam atau kurang setiap hari.

Karena itu, ada baiknya agar para wanita menghindari duduk atau berisitirahat dalam jangka waktu yang terlalu lama.

(tika/gur)

Penulis : AURA
Editor: AURA
Berita Terkait