Sering Bangun Tengah Malam untuk Buang Air Kecil? Wasapadai 6 Penyakit Ini

Redaksi | 18 Juni 2021 | 14:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Jika kerap terbangun tengah malam sekadar untuk buang air kecil jadi kebiasaan, Anda patut waspada. Pasalnya, kebiasaan ini bisa jadi dipicu oleh beberapa masalah kesehatan berikut. 

1. Kekurangan hormon

Hormon yang dimaksud adalah hormon antidiuretik (pencegah produksi air seni). Jika tubuh kekurangan hormon ini, akibatnya Anda akan sering bolak-balik kamar mandi. 

2. Infeksi saluran kemih

Kebiasaan menahan pipis terlalu lama bisa memicu infeksi satu ini. Alhasil, akan sering timbul keinginan buang air kecil untuk menghindari sensasi terbakar yang timbul akibat infeksi. 

3. Kaki yang bengkak

Edema atau penumpukan cairan pada beberapa bagian tubuh, salah satunya pada kaki akan mendorong keinginan untuk buang air kecil terus. Waspadai bagian kaki bawah yang kerap bengkak. Solusinya, angkat kaki lebih tinggi dibanding badan selama beberapa menit untuk memastikan cairan tersebut tersebar merata pada seluruh tubuh. 

4. Diabetes

Tubuh penderita diabetes akan memproduksi urin lebih banyak untuk melawan gula darah yang berlebih. 

5. Indung telur atau rahim yang membesar

Kista pada indung telur dan kanker rahim rentan membuat ukuran rahim membesar yang akan menekan saluran kandung kemih dan menimbulkan keinginan buang air kecil. 

6. Kandung kemih yang melemah

Usai melahirkan, sebagian wanita mengeluhkan keinginan untuk buang air kecil terus. Hal ini disebabkan kandung kemih yang melemah dan turun. 

Penulis : Redaksi
Editor: Redaksi
Berita Terkait