Bukan Mitos, Ini Penyebab Wanita Hamil Terlihat Lebih Cantik

Redaksi | 18 Juni 2021 | 20:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Pernahkah Anda melihat wanita hamil yang terlihat makin cantik? Salah satu cirinya adalah kulit yang tampak bercahaya. 

Sebagian orang menganggap hal tersebut hanya mitos. Namun, berdasarkan kajian medis, ibu hamil memang akan terlihat lebih cantik.

"Volume darah ketika hamil meningkat 50 persen, menyebabkan pipi berawarna kemerahan karena pembuluh darah yang membesar tepat di bawah permukaan kulit," jelas dokter kulit Dr. Patricia Wexler. 

Faktor lain adalah meningkatnya hormon estrogen dan progesteron yang menyebabkan sekresi (pengeluaran kelenjar) hingga kulit tampak licin dan bercahaya bak lilin. 

Namun, pada beberapa kasus, kehamilan justru menimbulkan masalah kulit, seperti timbulnya jerawat pada dua trimester pertama karena meningkatnya androgen (hormon pria) dan sebum. 

Khusus beberapa kasus, pil kontrasepsi yang berhenti dikonsumsi atau obat jerawat yang terpaksa berhenti dikonsumsi jadi penyebabnya. 

"Intinya, jika kulit Anda rentan berjerawat, kemungkinan besar kondisi kulit akan semakin parah akibat hormon ini," imbuhnya.

Penulis : Redaksi
Editor: Redaksi
Berita Terkait