Raih Kebebasan Finansial dengan Diversifikasi Investasi

Redaksi | 15 Juli 2021 | 08:52 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Bebas secara finansial merupakan salah satu impian yang didambakan oleh hampir semua orang. Kebebasan finansial atau financial freedom dapat dipahami sebagai suatu kondisi saat seseorang memiliki pendapatan yang mencukupi semua kebutuhan hidupnya, tanpa perlu aktif bekerja lagi. Pendapatan bulanan seseorang yang bebas secara finansial biasanya datang dari passive income berupa hasil bisnis, investasi, dan aset simpanan lain yang menghasilkan.

Meskipun begitu, kebebasan finansial hanya akan jadi angan-angan kalau tidak dipersiapkan. Untuk itu, tanamduit hadir sebagai mitra masyarakat untuk mempersiapkan kebebasan finansialnya. tanamduit merupakan platform digital yang menyediakan berbagai pilihan produk investasi yang beragam dalam satu aplikasi. Produk-produk investasi yang ditawarkan di antaranya reksa dana, Surat Berharga Negara (SBN) ritel, emas, dan asuransi.

“Kami memahami bahwa ada beberapa alasan yang mendasari masyarakat untuk berpikir dua kali dalam mulai berinvestasi, sehingga tanpa sadar melupakan manfaat-manfaat besar dari investasi itu sendiri, di antaranya mempersiapkan dana darurat, dana pensiun, hingga kebebasan finansial yang jadi cita-cita banyak orang. Oleh karena itu, tanamduit hadir untuk memberikan masyarakat Indonesia kenyamanan dan kemudahan investasi dengan fitur, tools, dan beragam promo menarik seperti cashback hingga 100% selama periode ShopeePay Super Online Deals. Dengan kenyamanan dan keuntungan tersebut, diharapkan cita-cita kebebasan finansial dapat tercapai di masa mendatang,” pungkas Rini Hapsari, Co-Founder & Managing Director tanamduit.

Ragam pilihan produk investasi di tanamduit dapat dibeli mulai dari Rp10.000 saja, seperti reksa dana dan produk emas ‘Emas Suka-suka’ yang baru saja diluncurkan pada awal bulan lalu. Sejalan dengan namanya, pengguna bisa berinvestasi emas dengan nominal rupiah sesuka hati dengan minimum pembelian mulai dari Rp10.000 saja. Emas Suka-suka merupakan produk logam mulia produksi PT Antam, Tbk yang dapat dibeli dengan harga terjangkau. Selain itu, emas juga bisa dicetak mulai dari 0,5 gram.

Selain emas dan reksa dana, ragam pilihan produk investasi lainnya di tanamduit juga bisa jadi opsi diversifikasi investasi. Diversifikasi investasi merupakan salah satu strategi untuk meminimalisir risiko dari investasi. Mudahnya, pengguna tidak hanya berinvestasi di satu produk investasi saja.

Nah, sebelum mulai mendiversifikasikan portofolio investasi kamu, simak tips diversifikasi ala tanamduit berikut:

1.    Kenali profil risiko investasi Anda
Mengenali profil risiko sangat penting agar kamu tidak salah pilih produk investasi ketika memulai atau melakukan diversifikasi. Misalnya, profil risiko investasi kamu konservatif, artinya toleransi kamu terhadap risiko investasi cukup rendah. Jika begitu, kamu bisa melakukan diversifikasi investasi dengan memperbanyak porsi di produk investasi yang risikonya rendah seperti reksa dana pasar uang atau Surat Berharga Negara (SBN).
 
2.    Sesuaikan dengan tujuan dan jangka waktu investasi
Selain mengenali profil risiko, kamu dapat menyesuaikan diversifikasi investasi berdasarkan tujuan investasi yang telah direncanakan. Misalnya, jangka waktu kamu berinvestasi untuk mencapai tujuan keuangan masih cukup panjang dan kamu adalah seorang risk taker yang mengharapkan imbal hasil tinggi, kamu bisa memperbanyak porsi investasi di produk reksa dana saham. Meskipun begitu, jangan lupa juga persiapkan dana darurat dengan menginvestasikan uangmu pada produk investasi risiko rendah agar mudah dicairkan.
 
3.    Tentukan besarnya kebutuhan dari masing-masing tujuan keuangan
Tidak kalah penting, setelah memahami profil risiko dan menetapkan tujuan investasi kamu, tentukan juga target dana yang ingin kamu capai serta berapa lama waktu untuk mencapainya. Jika target dana dan waktu sudah ditentukan, hal ini akan memudahkan kamu untuk mengatur alokasi diversifikasi investasimu.
 
Untuk mempelajari lebih jauh, kamu bisa simak simulasinya di artikel blog tanamduit berikut https://id.tanamduit.com/tips-diversifikasi-investasi-untuk-pemula.

Pada dasarnya, setiap orang memiliki strategi diversifikasi investasi yang berbeda. Tips di atas bisa kamu jadikan acuan awal untuk memulai diversifikasi investasi kamu. Melalui aplikasi tanamduit, kamu bisa diversifikasikan investasimu dengan ragam pilihan produk yang tersedia, mulai dari reksa dana, SBN ritel, sampai emas. Jadi, tidak perlu repot lagi untuk pindah-pindah aplikasi, karena kebutuhan diversifikasi investasimu udah ada di tanamduit.

Proses transaksi juga mudah dan menguntungkan, salah satunya dengan menggunakan pembayaran digital ShopeePay yang bebas biaya top-up dan banyak promo menarik setiap bulannya. Khusus di tanggal 15-21 Juli 2021 ini, kamu bisa menikmati cashback hingga 100% di kampanye ShopeePay Super Online Deals. Yuk, mulai investasi di tanamduit untuk wujudkan impian kebebasan finansialmu di kemudian hari!

Penulis : Redaksi
Editor: Redaksi
Berita Terkait