Apa Itu Aplikasi Inventory dan Manfaatnya?
Apa Itu Aplikasi Inventory dan Manfaatnya?

Apa Itu Aplikasi Inventory dan Manfaatnya?

Senin, 13 September 2021 00:30:24 WIB | Infomercial
A+ | Reset | A-

TABLOIDBINTANG.COM - Banyaknya perusahaan yang bergerak dalam bidang barang dan jasa membuat suatu perusahaan harus bergerak lebih cepat dari perusahaan lainnya. Suatu perusahaan harus dapat membuat pelanggan merasa nyaman sehingga dapat berlangganan menggunakan jasa dari perusahaan tersebut. Untuk itu pada masa sekarang sudah banyak perusahaan yang menggunakan bantuan aplikasi-aplikasi terkait dengan perusahaan tersebut.

Aplikasi yang disediakan ini terdiri dari banyak jenis yang disesuaikan dengan jenis industri masing-masing perusahaan. aplikasi ini biasanya disediakan dengan banyak versi dan ukuran yang menyesuaikan dengan kebutuhan para penggunanya. Karena prioritas dari perancangan aplikasi biasanya adalah agar dapat digunakan oleh banyak orang dari berbagai pelanggan.

Banyak perusahaan yang bergerak dalam bidang barang dan jasa yang biasanya masih dalam usaha perintisan atau masih kecil da nada yang sudah berbentuk usaha menengah. Untuk itu banyak diciptakan aplikasi untuk membantu mempermudah pekerjaan dari perusahaan-perusahaan tersebut.

Aplikasi inventory merupakan jenis aplikasi yang berkaitan dengan persediaan barang-barang di gudang. Aplikasi inventory biasanya digunakan oleh suatu perusahaan yang bergerak dalam bisnis agar mampu mengelola barang supaya persediaannya dapat teratur dengan baik.

Aplikasi inventory ini sudah banyak digunakan oleh beberapa perusahaan bisnis. Karena aplikasi ini memang sangat bermanfaat sekali bagi perusahaan yang menjalankan bisnis dalam industri penyediaan barang dan jasa.

Aplikasi inventory biasanya disediakan dalam bentuk aplikasi, website ataupun berbasis windows. Penggunaan aplikasi inventory ini lebih mudah digunakan dalam bentuk aplikasi yang berbasis website.

Karena biasanya aplikasi inventory yang disediakan dalam bentuk website akan lebih mudah digunakan karena tersedia beragam fitur yang menarik. Tampilan layar pun menjadi lebih mudah dipandang karena tampilan layar lebih lebar.

Manfaat Penggunaan Aplikasi Inventory Bagi Dunia Bisnis

Dengan diciptakan aplikasi inventory maka seluruh pekerjaan pengaturan persediaan barang-barang akan lebih mudah dilakukan oleh aplikasi dibandingkan secara manual. Karena dengan pekerjaan manual maka akan memakan waktu pekerjaan yang sangat lama.

Dilansir dari Jurnal.id pada laman situsnya https://www.jurnal.id/id/fitur/produk-inventory.

Berikut beberapa manfaat dari penggunaan aplikasi inventory dalam dunia bisnis yang sangat penting yaitu :

1. Penggunaan aplikasi inventory dapat menghemat waktu pekerjaan

Dengan menggunakan aplikasi inventory maka seluruh pekerjaan akan cepat selesai. Karena aplikasi inventory akan mengerjakan pekerjaan dengan cepat dan dengan hasil yang akurat. aplikasi inventory ini akan melakukan pekerjaan pengaturan persediaan barang-barang dengan waktu yang singkat karena disediakan fitur scan barang sehingga kontrol barang dapat dilakukan dengan mudah.

2. Penggunaan aplikasi dapat mengurangi kesalahan data pencatatan

Dengan adanya aplikasi inventory maka kesalahan pencatatan dan pendataan produk perusahaan akan berkurang. Karena aplikasi inventory menjalankan sistem yang memudahkan pencatatan bagi pekerja gudang sehingga para pekerja akan mudah melakukan pendataan sehingga kesalahan pencatatan dapat dihindari.

3. Penggunaan aplikasi inventory dapat membuat perusahaan lebih tertata

Aplikasi inventory melakukan semua kegiatan pengaturan persediaan barang secara real time. Sehingga kontrol persediaan dapat dilakukan dengan mudah dalam waktu kapan saja menggunakan aplikasi ini.

Maka dari itu karena pengaturan persediaan barang dilakukan dalam waktu yang singkat sehingga dapat membuat perusahaan memiliki waktu luang untuk melakukan pengaturan sistem kerja perusahaan. Sehingga perusahaan akan menjadi lebih tertata secara sistematis pekerjaan dalam setiap departemen  bisnis perusahaannya.

4. Penggunaan aplikasi inventory mampu meningkatkan pelanggan 

Dengan diciptakannya aplikasi inventory ini maka seluruh kegiatan perusahaan menjadi lebih teratur. Pengaturan persediaan barang-barang pun menjadi lebih terarah dan diselesaikan dalam waktu yang singkat sehingga hal ini akan meningkatkan pelayanan kepada pelanggan.

Pelanggan perusahaan tersebut tentunya akan senang apabila barang pesanan datang dlam waktu yang cepat dan dikirim dalam kualitas bagus. Oleh karena itu perusahaan yang menggunakan aplikasi inventory biasanya akan mudah mendapatkan pelanggan tetap dalam bidang industrinya.

5. Penggunaan dari aplikasi ini mampu meningkatkan penjualan perusahaan 

Aplikasi inventory mampu meningkatkan penjualan dari perusahaan terkait karena aplikasi inventory akan selalu memperhatikan persediaan barang-barang dalam gudang perusahaan. Aplikasi inventory ini akan menjaga agar stok barang perusahaan selalu tersedia dan terhindar dari kekosongan stok barang. 

Oleh karena itu dengan menggunakan aplikasi ini maka peningkatan penjualan dari perusahaan biasanya akan terjadi. Karena aplikasi ini akan selalu mengatur agar barang-barang dalam gudang selalu dalam keadaan tersedia sehingga memuaskan para pelanggannya.

 

Fitur-fitur Yang Biasanya Disediakan Dalam Aplikasi Inventory

Suatu aplikasi biasanya akan dilengkapi dengan fitur-fitur pendukung dari aplikasi tersebut. Termasuk aplikasi inventory yang sangat bermanfaat bagi perusahaan yang bergerak dalam bidang penyedia barang dan jasa. 

Adapun berikut disajikan beberapa fitur-fitur dari aplikasi inventory yang biasanya ada dalam setiap jenis aplikasi yang sangat berguna bagi perusahaan industri barang dan jasa seperti :
1.    Dasbor
Pada tampilan awal setiap aplikasi biasanya akan disajikan fitur awalan berupadasbor. Dasbor dalam aplikasi inventory biasanya akan menyediakan tampilan awal berupa laporan grafik arus kas, penjualan, piutang usaha,, dan daftar akun terdaftar dalam aplikasi.

2.    Laporan 
Fitur selanjutnya yang biasa disediakan dalam aplikasi inventory merupakan fitur laporan. Fitur ini merupakan fitur yang sangat penting karena didalam fitur ini disajikan berbagai laporan terkait transaksi perusahaan yang berlangganan dari aplikasi inventory ini.

3.    Kas 
Biasanya tidak semua aplikasi inventory menyediakan fitur kas ini karena biasanya sudah disediakan menjadi satu dalam fitur laporan. Namun beberapa jenis aplikasi inventory lainnya biasanya akan menyediakan fitur ini untuk memudahkan pengguna memantau akun kas dan daftar akun kas seperti pengeluaran dan pemasukan.

4.    Penjualan 
Melalui fitur ini dapat kita ketahui transaksi penjualan perusahaan kita selama 30 hari terakhir. Fitur ini menampilkan data penjualan secara lengkap dan detail yang memudahkan penggunanya.

5.    Pembelian 
Fitur dari aplikasi inventory ini akan menampilkan data transaksi pembelian perusahaan beserta daftar tabel faktur pembeliannya. Biasanya bentuk transaksi pembeliannya disediakan dalam 3 bentuk kategori.

6.    Biaya 
Biasanya fitur ini disediakan agar dapat melakukan pengaturan terkait biaya perusahaan baik biaya keluar, biaya masuk, dan biaya yang belum dibayarkan oleh perusahaan. 

7.    Produk 
Pada fitur ini biasanya akan ditampilkan pendataan berupa status produk yang disertai dengan tabel produk yang dilengkapi dengan nama produk dan juga kode produk perusahaan tersebut. Biasanya pada fitur ini dilakukan semua pekerjaan pengaturan persediaan barang-barang perusahaan.

8.    Pengaturan
Pada fitur pengaturan biasanya ditampilkan berbagai pengaturan dari keseluruhan fitur dari aplikasi. Biasanya pada fitur ini kita dapat mengatur akun, mengatur versi berlangganan, dan pengaturan perusahaan yang terkait dengan data bank dan logo perusahaan.

Fitur-fitur diatas merupakan fitur-fitur yang biasanya ada pada aplikasi inventory. Fitur-fitur ini sangat berguna dalam pekerjaan pengaturan persediaan barang-barang di gudang.

 

Jenis Industri Yang Harus Menggunakan Aplikasi Inventory 

Aplikasi inventory ini bisa digunakan oleh banyak perusahaan yang bergerak dalam bidang industri yang berkaitan dengan penyediaan barang-barang. Adapun jenis-jenis industri yang harus menggunakan aplikasi inventory ini diantaranya :

1.    Supermarket 
Supermarket biasanya bergerak dalam penyediaan berbagai macam barang-barang dan juga bahan-bahan yang dapat digunakan oleh manusia dalam berbagai keperluan. Biasanya supermarket akan menyimpan barang-barang sebelum dijual kedalam gudang untuk diatur dan diseleksi lagi kualitas barangnya.

Barang-barang dan bahan baku biasanya akan diseleksi lagi sebelum diletakkan pada papan penjualan di supermarket agar barang yang dijual memiliki kualitas barang yang bagus dan layak jual. Sehingga alam pengaturan persediaan barang-barang tersebut maka biasanya perusahaan memerlukan bantuan aplikasi inventory agar pekerjaan pengelolaan barang menjadi lebih mudah.

2.    Restaurant 
Restaurant merupakan tempat makan yang menyediakan berbagai macam makanan siap saji kepada para pelanggannya. Biasanya sistem kerja dari restaurant adalah makan ditempat atau makanan akan dibawa pulang.

Oleh karena itu biasanya restaurant akan menyediakan berbagai macam bahan baku untuk membuat makanan pesanan pelanggan didalam gudang. Bentuk gudang penyimpanan barang pada restoran biasanya akan disediakan kulkas untuk pengawetan makanan. 

Untuk itu biasanya restaurant juga sangat memerlukan pengaplikasian dari aplikasi inventory karena dengan penerapan dari aplikasi ini maka seluruh persediaan barang-barang dalam gudang makanan dapat tetap terkontrol dan selalu diperhatikan kualitasnya.

3.    Perusahaan pengiriman barang 
Biasanya perusahaan pengiriman barang akan menyimpan barang pesanan pelanggan di dalam gudang terlebih dahulu sebelum dikirim kepada para pelanggannya. Aplikasi inventory pada industri ini akan melakukan kegiatan pengelolaan barang masuk, barang keluar, dan barang yang akan dikirim oleh perusahaan.

Aplikasi inventory juga akan melakukan pengecekan apakah barang tersebut masih memiliki kualitas yang bagus dan layak dikirim kepada pelanggan atau tidak. Melalui aplikasi inventory maka seluruh kegiatan pengelolaan barang-barang dapat berjalan dengan lancar dan teratur.

4.    Bisnis ritel 
Bisnis ritel merupakan bisnis yang bekerja dalam penyediaan barang-barang kebutuhan pelanggan dalam versi eceran. Bisnis ritel biasanya erat kaitannya dengan penyediaan barang-barang yang disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan.

Biasanya bisnis eceran ini akan menjual barang-barang yang disediakan dengan harga eceran. Untuk bisnis ritel yang berukuran besar dan sudah berkembang pesat biasanya sangat membutuhkan sekali penggunaan dari aplikasi ini. Biasanya barang-barang yang akan dijual akan disimpan dalam gudang.

Berbagai macam jenis pekerjaan dalam bisnis ritel ini seperti pengaturan barang masuk, barang keluar, dan barang yang akan dijual kepada pelanggan. Aplikasi inventory disini akan melakukan kontrol pengecekan ketersediaan barang yang akan dijual kepada pelanggan.

Bentuk kontrol persediaan barang meliputi pengelolaan persediaan barang dalam gudang, pengecekan kualitas barang masuk dan keluar, pengecekan kode produk dan tanggal kadaluarsa produk yang akan dijual. Semua pengelolaan ini akan dilakukan dengan mudah dengan aplikasi inventory yang dapat diunduh pada perangkat tautan pengguna.

Berbagai macam industri perusahaan di atas sangat memerlukan penggunaan dari aplikasi ini. Tanpa aplikasi inventory maka pekerjaan akan dilakukan secara manual dan itu akan membutuhkan waktu yang sangat lama.

Oleh karena itu penggunaan dari aplikasi inventory ini pada zaman sekarang sangat diperlukan terutama pada perusahaan penyedia barang dan jasa karena dapat melakukan semua pekerjaan pengelolaan barang dengan baik dan otomatis. Maka pekerjaan pun akan lebih cepat selesai dengan menggunakan aplikasi inventory ini yang dapat diunduh dengan mudah pada perangkat tautan masing-masing pengguna.


Penulis Infomercial
Editor Tubagus Guritno
Terbaru
Pernah Satu Sekolah, Eddie Redmayne Kasihan pada Pangeran William

Pernah Satu Sekolah, Eddie Redmayne Kasihan pada Pangeran William

27 menit yang lalu
Masih Menjadi Magnet Perfilman, Ini Syarat Desy Ratnasari Terima Tawaran Akting untuk Layar Lebar

Masih Menjadi Magnet Perfilman, Ini Syarat Desy Ratnasari Terima Tawaran Akting untuk Layar Lebar

1 jam yang lalu
Respons Diana Pungky Saat Ada Netizen Tak Dikenal Meminjam Uang Kepadanya

Respons Diana Pungky Saat Ada Netizen Tak Dikenal Meminjam Uang Kepadanya

2 jam yang lalu
Bahaya Operasi Plastik, Bisa Sampai Sebabkan Kematian!

Bahaya Operasi Plastik, Bisa Sampai Sebabkan Kematian!

3 jam yang lalu
Sampai Sekarang Ayu Ting Ting Belum Izinkan Mantan Suami Bertemu Bilqis, Ini Alasannya

Sampai Sekarang Ayu Ting Ting Belum Izinkan Mantan Suami Bertemu Bilqis, Ini Alasannya

4 jam yang lalu
Memahami Lebih Dalam Mindful Eating dan Manfaatnya untuk Tubuh

Memahami Lebih Dalam Mindful Eating dan Manfaatnya untuk Tubuh

5 jam yang lalu
Mongol Stres Pelawak Termahal Mengalahkan Raffi Ahmad dan Sule

Mongol Stres Pelawak Termahal Mengalahkan Raffi Ahmad dan Sule

6 jam yang lalu
Mengenal Sirtfood Diet, Program Diet Sukses ala Adele, Mau Coba? 

Mengenal Sirtfood Diet, Program Diet Sukses ala Adele, Mau Coba? 

7 jam yang lalu
Desy Ratnasari Menunggu Dilamar, Siapakah Laki-laki Itu?

Desy Ratnasari Menunggu Dilamar, Siapakah Laki-laki Itu?

8 jam yang lalu
Zaskia Gotik hingha Rhoma Irama Meriahkan Konser Road to KDI 2021

Zaskia Gotik hingha Rhoma Irama Meriahkan Konser Road to KDI 2021

9 jam yang lalu