Bisa Selamatkan Nyawa, 5 Pemeriksaan Kesehatan Ini Tak Boleh Anda Abaikan

Redaksi | 20 September 2021 | 17:00 WIB


Anda boleh saja merasa sehat, tapi tidak bisa memberikan jaminan bahwa kesehatan Anda tetap prima. Memang banyak orang merasa khawatir, dengan melakukan pemeriksaan secara rutin seperti, justru membuat kita tahu apa penyakit yang diderita. Untuk menghindarinya, lebih baik tidak melakukan pemeriksaan. Apa benar sikap seperti itu? Tentu tidak. Dengan mengetahui penyakit yang diderita lebih dini, banyak hal bisa dilakukan. Berbagai pengobatan, atau mengubah cara hidup yang telah dijalani selama ini. Lebih banyak keuntungannya, bukan? Makanya, tak perlu takut dan cemas. Tak peduli berapa usia Anda, ada 5 pemeriksaan kesehatan yang tak bisa Anda abaikan. 

TABLOIDBINTANG.COM - Pemeriksaan Gigi

Anda perlu melakukannya, jika: Anda tidak melakukan pemeriksaan sedikitnya selama 6 bulan.

Mengapa penting? Seiring bertambahnya usia, Anda makin rentan terhadap gangguan gusi dan kerusakan gigi. Gejalanya bisa berupa gusi berdarah dan bau mulut. Jika dibiarkan tak dirawat, bakteri akan tumbuh serta tulang gigi dan gigi Anda akan mulai tanggal.

Yang akan dihadapi: Selama pemeriksaan, dokter gigi akan menganalisa kondisi umum gigi Anda dan mencari tahu masalah yang terjadi, misalnya luka yang terjadi dalam mulut. Anda mungkin akan diberi nasihat bagaimana merawat gigi secara efektif dan melakukannya secara rutin setiap hari.

Kapan melakukannya? Setiap 6 bulan sekali.

Pemeriksaan Mata

Anda perlu melakukannya, jika: Anda tidak melakukan pemeriksaan mata selama lebih dari 2 tahun, punya penyakit diabetes atau memiliki keluarga yang punya riwayat medis terkena glaukoma.

Mengapa penting? Agak berbeda dengan gangguan penyakit mata seperti glaukoma, gangguan yang lain kurang bisa dideteksi secara jelas. Namun diabetes, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, dan rheumatoid arthritis masih bisa terdeteksi oleh dokter ahli mata selama melakukan pemeriksaan rutin.

Yang akan dihadapi: Anda akan diminta untuk membaca serangkaian kartu berisi huruf atau angka, ada kilatan cahaya yang akan menyinari mata Anda dan akan diminta melihat lewat berbagai macam ukuran lensa untuk memeriksa ketajaman penglihatan. Jika hasil pemeriksaan menunjukkan adanya gangguan yang serius, Anda mungkin akan diberi serangkaian tes lain dengan berbagai peralatan yang lebih detil untuk melihat berbagai kemungkinan.

Kapan melakukannya? Setiap 2 tahun, kecuali kalau ada hal tidak lazim atau menurut nasihat dokter lain.

Pemeriksaan Tekanan Darah

Anda perlu melakukannya, jika: Anda mengkonsumsi pil KB, punya keluarga yang memiliki riwayat medis gangguan tekanan darah tinggi, gangguan jantung koroner atau stroke.

Mengapa penting? Orang yang punya tekanan darah tinggi -- kendati berusia 20-an tahun -- punya kecenderungan terkena stroke, serangan jantung, atau nantinya terkena gangguan ginjal dalam hidupnya.

Yang akan dihadapi: Dokter atau perawat yang memeriksa akan membebat tangan bagian atas Anda. Kain yang membebat tangan ini kemudian akan diisi udara yang perlahan-lahan akan menekan arteri. Tekanan dilepas sambil mengukur denyutan nadi.

Kapan melakukannya? Kalau tekanan darah normal, Anda bisa diperiksa dokter setiap 5 tahun sekali. Tapi kalau tergolong yang punya risiko tinggi atau mengkonsumsi pil KB, Anda perlu diperiksa sesering mungkin, sesuai anjuran dokter.

Pemeriksaan Kolesterol Darah

Anda perlu melakukannya, jika: Mempunyai keluarga yang punya riwayat medis menderita gangguan jantung koroner, tekanan darah tinggi atau stroke.

Mengapa penting? Kolesterol, sebenarnya lemak (lipid) yang penting. Tapi kalau kadarnya tinggi, selalu dihubungkan dengan meningkatnya kemungkinan terkena jantung koroner.

Yang akan dihadapi: Pemeriksaan darah sederhana akan dilakukan dokter Anda. Itu sudah cukup untuk memeriksa kadar kolesterol darah Anda. Dokter juga sebaiknya mengetahui riwayat medis keluarga Anda dan gaya hidup yang dijalani. Dengan demikian ia punya dasar untuk memberikan nasihat atau anjuran jika hasil pemeriksaan menunjukkan indikasi yang tidak baik.

Kapan melakukannya? Jika hasil pemeriksaan menunjukkan kadar kolesterol darah normal, Anda tak perlu memeriksakan diri lagi sebelum 5 tahun berlalu. Asal, tak ada gaya hidup yang diubah selama itu. Namun, kalau kadarnya melebihi ambang batas normal, Anda mesti memeriksakan diri setiap 6 bulan.

Pemeriksaan Daging Tumbuh di Kulit

Anda perlu melakukannya, jika: Anda punya rambut berwarna pirang atau merah, mata berwarna pucat, kulit berwarna putih pucat atau berbintik-bintik. Selain itu, memiliki keluarga yang punya riwayat medis menderita kanker kulit, atau kalau Anda berjemur berlebihan sejak kecil atau punya banyak tahi lalat di tubuh. Berbagai faktor itu bisa menempatkan Anda dalam golongan orang yang berisiko tinggi menderita kanker kulit. Jika Anda mengenali perubahan dalam bentuk atau warna tahi lalat, lebih baik memeriksakannya.

Mengapa penting? Pemeriksaan rutin sangat penting mengingat tipe melanoma atau kanker kulit yang paling mematikan pun bisa disembuhkan, setidaknya terjadi dalam hampir 95 persen kasus. Yang penting, bisa dideteksi lebih dini.

Yang akan dihadapi: Selama pemeriksaan rutin, dokter Anda akan memeriksa setiap tahi lalat atau bintik-bintik yang dicurigai. Kalau perlu pemeriksaan lebih dalam, Anda mungkin perlu melakukan biopsi kulit. Biasanya sebagian kecil kulit akan diambil sebagai sampel.

Kapan melakukannya? Mestinya Anda memeriksakan diri setahun sekali. Tapi kalau ada yang tidak wajar, kunjungi dokter sesegera mungkin. Jika dibutuhkan pemeriksaan lebih lanjut, dokter akan merujuk pada ahli penyakit kulit. 

Penulis : Redaksi
Editor: Redaksi
Berita Terkait