7 Kesalahan yang Sering Dilakukan Wanita pada Rambutnya

Redaksi | 2 Oktober 2021 | 02:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Mendapati rambut tidak indah dan tidak sehat, bisa jadi disebabkan oleh kebiasaan buruk Anda sendiri. Refinery 29 mengungkap 7 jenis kesalahan yang sering dilakukan tanpa sadar. 

1. Tidak merawat diri sendiri
>>  Banyak orang mengira, kesehatan tubuh dan kesehatan rambut tidak berkaitan. Padahal sangat jelas bahwa seseorang dengan tubuh yang sehat, hampir pasti rambutnya pun sehat, bahkan indah. Rambut yang sehat sudah tentu lebih kuat atau tahan banting menghadapi segala terpaan, seperti cuaca dan obat-obatan atau kosmetik. 
>>  Solusi: Jangan tergesa-gesa melakukan perawatan rambut, tapi mulailah dengan memperbaiki pola makan dan asupan gizi.  

2. Mengeringkan paksa rambut
>>  Dengan maksud ingin mengeringkan rambut secara cepat usai keramas, sering kali kita menggosok-gosokkan handuk ke kepala dengan cepat dan keras. Ini akan membuat kelembapan alami rambut hilang, rambut pun berisiko kering dan pecah-pecah. 
>>  Solusi: Kalau benar-benar ingin mengurangi air di rambut dengan cepat, pilihan paling baik dari yang terburuk adalah menjepit rambut dengan dua helai handuk, lalu ditekan atau ditepuk-tepuk. 

3. Menyisir terburu-buru
>>  Sering kali ketika tergesa-gesa, kita menyisir rambut langsung dari atas ke bawah, bahkan dengan cara menariknya paksa. Alhasil, helai-helai rambut pun berjatuhan karena tercabut dari akarnya atau patah. 
>>  Solusi: Gunakan moisturizer yang sesuai dengan jenis rambut Anda agar proses menyisir lebih mudah dilakukan. 

4. Terlalu sering menggunakan pengering rambut dan dengan cara yang berlebihan
>>  Karena menginginkan penampilan rambut yang sempurna, pengering rambut jadi sering digunakan. Pengering untuk rambut basah tidak masalah. Tapi, kalau pengering rambut terus digunakan pada rambut yang sudah kering, ini bisa berakibat fatal. 
>>  Solusi: Segera turunkan temperatur pengering ketika rambut mulai sedikit kering. 

5. Pergi keluar berhari-hari tanpa mencuci rambut
>>  Karena terlalu sibuk atau dengan alasan tidak sempat, Anda melewatkan keramas selama beberapa hari. Padahal aktivitas Anda selalu di luar rumah dan dalam waktu yang lama.
>>  Solusi: Pastikan saat (akhirnya) keramas untuk menggunakan sampo berkondisioner yang seketika dapat mengembalikan kelembapan rambut. 

6. Menggunakan aksesori pada rambut yang basah
>>  Lagi-lagi masalah waktu yang mendesak, banyak wanita yang menggunakan aksesori di kepala, seperti kuncir rambut atau jilbab, padahal rambut masih dalam kondisi basah. Rambut bisa rusak dan patah-patah. 
>>  Solusi: Jangan pernah melakukannya. Tidak ada pilihan yang lebih baik. 

7. Tidak memberi rambut Anda waktu istirahat
>>  Sperti halnya Anda yang sesekali membutuhkan waktu untuk istirahat dari segala rutinitas, maka begitu pula rambut Anda! 
>>  Solusi: Luangkan waktu satu hari dalam seminggu atau setiap malam saat tidur, agar rambut terbebas dari apa pun -- benda dan zat apa pun. Melakukan spa rambut sangat cocok untuk akhir pekan tenang Anda. 

Penulis : Redaksi
Editor: Redaksi
Berita Terkait