7 Manfaat Skincare Bagi Kesehatan Mental  

Redaksi | 3 Oktober 2021 | 11:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Sebagai perempuan, merawat diri menjadi hal yang penting untuk dilakukan. Salah satu yang bisa dilakukan adalah memakai skincare. Tujuannya tidak lain tidak bukan untuk menjaga kesehatan kulit wajah. 

Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan jika kita rutin memakai skincare. Usut punya usut, skincare rupanya memiliki manfaat tersendiri untuk kesehatan mental seseorang. Bagaimana bisa? 

Dilansir dari sebuah situs kesehatan, siapapun yang berkomitmen merawat diri, maka ia akan merasakan kebahagiaan dalam sisi psikologis atau kesehatan mental.

Berikut ini beberapa manfaat skincare untuk kesehatan mental yang bisa diketahui. Yuk simak! 

1.    Mengurangi Kadar Stres 

Stres bisa terjadi karena beberapa hal. Namun siapa yang sangka jika menggunakan skincare ternyata dapat membuat kadar stres yang dirasakan menjadi berkurang 

Para ahli mengatakan jika perempuan yang   rutin melakukan perawatan diri, dengan minimal  tiga langkah sederhana, maka secara langsung akan menurunkan hingga 83 persen jumlah kortisol, atau yang lebih dikenal sebagai hormon stres yang berada di dalam tubuh.

Biasanya saat memakai skincare, kita akan melakukan pemijatan pada titik-titik tentu di bagian wajah. Hal itulah yang nantinya akan membuat tubuh terasa lebih rileks. Di sisi lain, rasa khawatir juga tidak akan banyak dirasakan sebab tubuh kita sedang dalam keadaan yang tenang dan minim stres. 

2.    Salah Satu Bentuk Selfcare

Ketahuilah jika melakukan rutinitas merawat diri merupakan salah satu bentuk dari selfcare. Selain membuat kulit menjadi lebih sehat, skincare jika bisa membantu meningkatkan penampilan, bukan? 

Disadari atau tidak, saat kita merawat diri, itu artinya kita sedang fokus dan peduli terhadap diri sendiri. Mencintai diri sendiri memang bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya memakai skincare. 

3.    Menjaga Stabilitas Otak 

Pandemi Covid-19 membuat banyak orang menjadi banyak pikiran dan stres. Dengan rutin menggunakan stres, secara tidak langsung stabilitas otak akan tetap terjaga loh. Kok bisa? 

Otak setidaknya membutuhkan struktur dan stabilitas untuk memungkinkannya agar bisa rileks. Nah, dengan sering menjalankan rutinitas memakai skincare, otak akan menjadi lebih tenang dan jauh lebih bisa dikendalikan. Pada akhirnya, merawat kulit memang bisa menjadi awal yang baik untuk membuat diri menjadi lebih sehat lagi. 

4.    Merasa Bahagia  

Kebahagiaan bisa bersumber dari banyak hal. Saat merawat diri, ajaklah orang tercinta untuk ikut melakukannya. Hal ini dapat meningkatkan kadar kebahagiaan yang dirasakan loh.  

Misalnya dengan mengajak suami memakai masker wajah atau sheet mask sebelum tidur. Lalu, dilanjutkan dengan face massage secara bergantian. Hal-hal kecil seperti ini, selain bisa menambah sumber kebahagiaan, dapat juga memberikan kepuasan pribadi. 

Lebih dari itu, merawat diri bersama orang tercinta juga dapat memberikan manfaat yang baik bagi  kesehatan mental.

5.    Membuat Suasana Hati Berubah 

Kita pasti pernah merasa tidak mood dan emosional Sampai akhirnya skincare menyelamatkan kita dan membuat hari-hari menjadi lebih berwarna. Pada beberapa kesempatan, skincare bisa jadi penyelamat penampilan dari permasalahan kulit loh. 

Agar mood selalu terjaga dan tidak banyak pikiran, konsisten menggunakan skincare bisa jadi cara terbaik bagi kamu untuk tetap membuat suasana hati tenang dan bebas dari masalah. Sedangkan mereka yang tidak melakukannya, hanya akan merasa tidak bahagia dan depresi. 

6.    Berdampak Positif 

Menggunakan skincare  bermanfaat sekali untuk  memperbaiki tekstur kulit dan penampilan kita sehari-hari. Tidak hanya itu, jika dilakukan secara rutin, hal ini juga akan  
menghasilkan dampak positif untuk kesehatan tubuh maupun mental. 

Di sisi lain, memakai skincare rupanya dapat  memberikan kita kekuatan untuk menghibur diri dan menjaga stabilitas mental yang ada di dalam diri.

7.    Meningkatkan Rasa Percaya Diri 

Apa saja tahapan skincare yang biasa dilakukan setiap hari? Menggunakan toner, essence, serum, pelembap, krim anti aging, eye cream, dan lain-lain? 

Tidak bisa dipungkiri memang, jika rutinitas tersebut dapat membuat kulit wajah menjadi lebih cerah, sehat, dan glowing. Penggunaan krim anti aging juga dapat mengurangi penuaan dini yang biasanya mulai dirasakan oleh perempuan diatas 30 tahun. 

Alhasil, secara tidak langsung, memakai skincare bisa membuat mental kita menjadi lebih stagnan dan kadar percaya diri semakin bertambah. Siapa pula yang tidak senang jika kulit wajahnya bersih dan sehat? Tentu diri sendiri, bukan? 

Penulis : Redaksi
Editor: Redaksi
Berita Terkait