Tips Memilih Pinjaman Online yang Aman dan Terpercaya

Redaksi | 6 Oktober 2021 | 08:20 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Saat ini, industri fintech atau pinjaman online terus berkembang pesat di Indonesia. Ada banyak fintech baru yang bermunculan dengan kemudahan yang ditawarkan. Namun, sebaiknya Anda tetap hati-hati dalam memilih pinjaman online yang aman.

Kalau membahas kredit online atau pinjol, ada tiga nama besar yang pasti familiar, diantaranya Kredivo, Akulaku, dan Traveloka PayLater. Meskipun tergolong baru, Traveloka PayLater bisa bersaing karena menawarkan keunggulan yang tidak dimiliki oleh fintech lainnya.

Kali ini, kita akan membandingkan ketiga fintech di atas dengan beberapa sudut pandang: proses pendaftaran akun, efektivitas transaksi, dan benefit-benefit yang Anda dapatkan.

Untuk mendaftar akun Kredivo, Anda harus swafoto (selfie) dan menyiapkan data seperti Kartu identitas (KTP), bukti tempat tinggal dengan cara menghubungkan akun e-commerce yang pernah digunakan untuk transaksi dan bukti penghasilan berupa foto NPWP.

Proses daftar hanya butuh waktu kurang lebih 5 menit melalui aplikasi. Sedangkan untuk aktivasi pembayaran, notifikasi akan Anda terima dalam waktu maksimal 2x24 jam - lebih dari itu, biasanya pendaftaran pasti gagal. Agar sukses daftar akun Kredivo, minimal pendapatan bulanan adalah Rp 3.000.000.

Untuk mendaftar Akulaku, download aplikasi dan daftar menggunakan nomor handphone aktif Anda. Setelah berhasil, Anda harus memasukkan data pribadi untuk menikmati seluruh fitur kredit online Akulaku, yaitu informasi tempat tinggal, kontak darurat, dan pekerjaan. Tunggu 1x24 jam sampai akun Anda berhasil teraktivasi.

Produk dan layanan Akulaku cukup banyak, Anda bisa berbelanja dengan cicilan, meminjam uang tunai, dan melakukan pembayaran digital.

Nah, untuk menggunakan Traveloka PayLater, download dulu Traveloka App. Setelah itu daftar akun dan isi data pribadi dengan benar. Selanjutnya, klik menu "Paylater" untuk mendaftar dan lengkapi informasi seperti, data pribadi, keluarga, pekerjaan dan foto KTP untuk verifikasi. Setelah selesai, proses verifikasi akan berjalan maksimal 60 menit.

Paylater Traveloka bisa Anda gunakan untuk seluruh produk yang ada di aplikasi. Anda bisa pakai untuk tiket pesawat, reservasi hotel, transportasi, pembayaran tagihan (BPJS, listrik, Telkom), asuransi, dan lainnya. Yang penting: "Beli Dulu, Bayar Belakangan”.

Ini satu-satunya layanan kredit online yang bisa bikin Anda mendapatkan kartu kredit dengan limit Rp 50.000.000. Melihat proses pendaftaran akun, efektivitas transaksi, dan benefit masing-masing layanan, pemenangnya terlihat jelas Traveloka PayLater.

Penulis : Redaksi
Editor: Redaksi
Berita Terkait