4 Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Berolahraga di Tengah Pandemi Covid-19, Cek Yuk!

Yoga | 10 November 2021 | 00:21 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Ada banyak catatan menarik dari hasil survei Asia Pacific Health Inertia 2021 yang digelar dari Juli hingga Agustus 2021 di 11 negara Asia Pasifik antara lain Australia, Hong Kong, Indonesia, Jepang, Korea, Malaysia, Filipina, Singapura, Taiwan, Thailand, dan Vietnam. Survei yang melibatkan 5.496 konsumen Herbalife Nutrition berusia 18 tahun ke atas ini menyebut 63 persen responden mengaku kesehatan fisik mereka saat ini kurang ideal. Bahkan, 60 persen responden merasa kesehatan mental mereka kurang ideal.

Kabar baiknya, 99 persen responden berencana menerapkan gaya hidup sehat dan aktif dalam 12 bulan ke depan. Lalu, 90 persen responden berencana lebih sering berolahraga. Ini diulas dalam webinar Nutrition Talk yang digelar pada Selasa (9/11/2021). Anggota Dewan Penasihat Nutrisi Indonesia, Dr. Rimbawan mengatakan aktivitas fisik dikategorikan cukup apabila dilakukan 30 menit per hari atau minimal 3 sampai 5 hari seminggu. “Orang yang melakukan aktivitas fisik aktif 7 jam seminggu mempunyai risiko 40 persen lebih rendah terkait kematian dini,” Rimbawan menjelaskan.

Ada empat hal yang perlu diindahkan dalam berolahraga. Pertama, lakukan 150 menit dan dua kali latihan penguatan otot selama seminggu. Misalnya, 30 menit per hari, lima hari seminggu. Anda bisa berlatih aerobik seperti jalan cepat, renang, atau jogging yang meningkatkan stamina fisik. Sedangkan penguatan otot bisa dilakukan dengan angkat besi atau yoga. Kedua, pantau perkembangan latihan dengan alat pelacak kebugaran. Ketiga, buat tujuan pribadi berdasarkan frekuensi aktivitas Anda dan fokus untuk meraihnya. Terakhir, manfaatkan opsi latihan online, jika kesulitan mengakses sasana atau keluar rumah.

Senior Director and Country General Manager Herbalife Nutrition Indonesia, Andam Dewi mengatakan hasil survei ini penting untuk mengkaji dampak pandemi terhadap kesehatan mental dan fisik konsumen di Asia Pasifik selama setahun terakhir. “Berkaca pada hasil survei ini, dibutuhkan kesadaran tinggi untuk berolahraga secara teratur, mengonsumsi makanan sehat, dukungan lingkungan dan komunitas. Ini untuk mencapai kesehatan yang lebih baik secara keseluruhan,” kata Andam Dewi.

Penulis : Yoga
Editor: Yoga
Berita Terkait