Tips Melindungi Kulit dari Bahaya Radiasi Gadget

Redaksi | 23 November 2021 | 01:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Saat ini, kehidupan kita begitu lekat dengan teknologi yang memaksa kita untuk selalu di depan gadget dan barang elektronik. Kegiatan ini tentu juga memiliki banyak dampak buruk, bukan hanya untuk kesehatan mata, namun juga kesehatan kulit akibat paparan sinar radiasi. 

Menurut Dewi Research and Development, PT. Kosmetika Global Indonesia, perangkat seperti laptop, telepon, tablet, TV, dan bahkan bola lampu LED yang memancarkan sinar biru merupakan hal yang biasa, namun memilik dampak yang buruk bagi kulit wajah jika terlalu lama.  

"Sinar biru atau blue light ternyata memiliki dampak dan bisa membahayakan bagi kulit jika sering terkena pancarannya. Paparan cahaya biru bahkan lebih bermasalah bagi orang yang memiliki kulit berwarna," jelasnya.  

Dalam sebuah studi 2010 yang diterbitkan dalam The Journal of Investigative Dermatology, hal ini terbukti menyebabkan hiperpigmentasi pada kulit warna sedang hingga gelap, sementara untuk kulit yang lebih terang relatif tidak terpengaruh.

Pengaruh buruk sinar blue light dapat merangsang produksi radikal bebas di kulit, yang dapat mempercepat munculnya penuaan. 

Komunitas medis mengkategorikan warna kulit berdasarkan pada bagaimana ia bereaksi terhadap sinar UV. Tipe satu adalah warna paling terang dengan sensitivitas sinar UV. Tipe dua terkena sinar biru tetapi tidak mengalami pigmentasi.

Sedangkan kulit berwarna akan menggelap, dan kegelapan itu bertahan selama beberapa minggu. Sinar biru disebut dapat merusak DNA, namun kini ada solusi untuk mengatasinya. 

Seperti yang dihadirkan brand kecantikan Skintheory yaitu perawatan wajah dengan kandungan salmon DNA sebanyak 3 persen dalam 1 botol. Brand ini juga memiliki produk 2 in 1 suncream yang sudah di lengkapi double protection. 

Dengan perpaduan anti blue light dan salmon DNA yang terdapat pada suncream tersebut, diklaim akan membantu kita mengatasi permasalahan dampak buruk dari paparan sinar blue light. Selain itu juga skintheory sudah BPOM dan halal.

Tak sedikit para beauty creator pun sudah membuktikan manfaatnya. Menurut mereka, produk ini terbukti aman digunakan dalam jangka waktu panjang. 

“Sejak hadirnya Skintheory skincarean jadi tidak repot,” ujar beauty creator di akun @real.hanummega. Pernyataan lainnya juga disampaikan beauty creator lainnya Tasya Farasya “Aku pakai skintheory sebadan badan, karena bagus buat seluruh badan,” ujar pemilik akun sosial media  @tasyafarasya pada instagram storynya.

Tidak hanya itu, sultan tiktokers Siska Kohl bahkan sampai memakai skintheory untuk mandi sehari-hari, loh!

Penulis : Redaksi
Editor: Redaksi
Berita Terkait