Kontes Ribuan Ikan Cupang Siap Digelar di Bandung

Redaksi | 14 Januari 2022 | 06:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Kompetisi Betta Fish terbesar di Indonesia digelar di Trans Studio Mall, Bandung pada tanggal 13-16 Januari 2022. Kontes ini bakal memamerkan ribuan ikan cupang dan lebih dari 4200 ekor ikan hias.

PT Cahaya Anugrah Firdaus (CAF) selaku penggagas acara bertajuk “CAF Betta Festival” ini mengaku terinspirasi dari manfaat ikan hias di Indonesia yang sangat berpengaruh pada perekonomian bangsa Indonesia. 

Indonesia merupakan salah satu negara pengekspor ikan non-konsumsi atau ikan hias di dunia. Saat ini Indonesia masih berada pada peringkat ke-5 dunia sebagai negara pengekspor ikan hias terbesar. 

Pada tahun 2018 lalu saja, Indonesia mengekspor 257.862.207 ekor ikan hias dengan nilai +/- USD 314 juta. Jepang, Singapura, Amerika Serikat, Tiongkok, dan Inggris menjadi negara tujuan ekspor utama. Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) masih berupaya mendorong produksi perikanan non-konsumsi asal Indonesia untuk memenuhi pasar ikan hias dunia dengan memfasilitasi para pembudidaya. 

Salah satu ikan hias yang menjadi andalan ekspor Indonesia adalah ikan cupang atau yang biasa disebut dengan Betta Fish. 
 
Di Indonesia, perkembangan penghobi ikan cupang sangat pesat sehingga memicu persaingan pasar yang ketat dan keberanekaragaman jenis ikan cupang. Sektor pemasaran ikan cupang ini cukup beragam dari anak-anak, penghobi, pemain kontes dan kolektor. Kualitas adalah hal terpenting dalam pemasaran ikan cupang, dengan kualitas yang baik ikan-ikan cupang ini akan mampu bersaing di Kancah Nasional maupun Internasional.
 
“Acara akbar ini kami gagas bersama dewan dan komunitas penggiat cupang Indonesia bekerjasama dengan para pelaku usaha kecil," ungkap Zaenal Somantri, Event Director of CAF Betta Festival. 
 
Dia menambahkan, kontes ini diikuti oleh seluruh komponen pemangku kepentingan cupang di seluruh Indonesia. Hadiah yang ditawarkan cukup fantastis dengan nilai total sebesar Rp 500.000.000,- (lima ratus juta rupiah).
 
Adapun pembagian kategori terdiri dari 2 kelas yaitu International Betta Congress (IBC) dan Standar Nasional Indonesia (SNI), dengan total kelas cupang yang dikompetisikan sebanyak 173 kelas untuk IBC dan SNI.

Kompetisi ini akan dinilai oleh dewan juri dengan jumlah terbanyak se-Indonesia yaitu 11 Juri SNI dan 11 Juri IBC (total 22 juri yang semuanya bersertifikasi). 

“Untuk Juara Umum SNI Grand Champion IBC akan mendapatkan hadiah senilai 25 juta rupiah. Satu unit Yamaha NMAX untuk Kategori Best of Show IBC. Dua unit Yamaha LEXY untuk kategori Best of Optional IBC dan Best of Form (Reguler). Satu unit Yamaha MIO M3 untuk Kategori Best of Form (Baby). Total hadiah 161 juta rupiah untuk Kategori Best of Division (Reguler & Optional). Dan total hadiah 70 juta rupiah untuk Grand Champion SNI”, jelas Zaenal. 

Mengusung tema “Pride of Local Culture”, kontes ini secara nyata melibatkan para pengusaha, UMKM dan pembudidaya dalam satu forum kegiatan yang benar-benar konkret, terukur, meningkatkan ekonomi para pelaku usaha di bidang ikan hias melalui booth-booth pameran. Acara ini tidak hanya melulu mengenai kompetisi Betta Fish saja, melainkan juga Betta Fish Auction (lelang ikan cupang), Betta Fish Coaching Class, Talkshow, Habit Culture serta Festival Kuliner yang menghadirkan aneka booth Cemilan Nusantara. 

Meski diselenggarakan dalam kondisi masa pandemi Covid-19, namun penyelenggara sangat concern terhadap penerapan Protokol Kesehatan secara ketat dan disiplin. 

CEO CAF Group, Yanuar Anugrah menyatakan bahwa timnya telah menyediakan Mobile Laboratorium Antigen (EBDC) yang disiagakan untuk keperluan tes antigen bagi semua panitia dan peserta yang mengikuti acara. 

Selain itu, lanjutnya, semua yang berada di area kegiatan juga tetap diwajibkan untuk mengenakan masker dengan baik, mencuci tangan pakai sabun atau menggunakan sanitasi serta menjaga jarak fisik/tidak berkerumun.

Selain masyarakat bisa hadir langsung menikmati acara ini secara offline dari kawasan Trans Studio Mall, Bandung, acara ini juga tetap bisa diakses secara online melalui platform virtual event untuk memaksimalkan keikutsertaan publik. 

“Kami berharap, melalui kegiatan CAF Betta Festival bisa menyumbang kontribusi lebih besar lagi dari potensi yang sudah ada saat ini. Semoga dengan adanya kegatan ini juga dapat memulihkan dan menggairahkan kembali perekonomian Indonesia pasca pandemi," tutup Yanuar.

Penulis : Redaksi
Editor: Redaksi
Berita Terkait