Jangan Paksakan Diri untuk Berolahraga di Hari Minggu, Ini Sebabnya

Redaksi | 16 Januari 2022 | 08:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Menurut Dr. Matthew Sleeth, penulis 24/6: A Prescription for a Healtier, Happier Life, tubuh membutuhkan waktu untuk beristirahat atau "stop day". Ketika tidak beristirahat, tubuh akan mengeluarkan hormon adrenalin dalam jangka pendek dan hormon steroid dalam jangka panjang untuk mengatasi stres dan kelelahan.  

"Jika kita tidak meluangkan satu hari untuk beristirahat, kita menghalangi tubuh untuk mengurangi kadar kedua hormon tersebut dan membalikkan tubuh pada kondisi semula," ujar Dr. Matthew Sleeth

Nah, supaya Anda tidak perlu mengorbankan hari Minggu untuk tetap bekerja, buatlah jadwal prioritas setiap Senin pagi yang berlaku untuk seminggu. Selalu kosongkan waktu di hari Minggu, sehingga Anda termotivasi untuk menyelesaikan semua pekerjaan sebelum akhir pekan.

Setelah berhasil mendapatkan hari "libur" di hari Minggu, jangan lupa untuk memanjakan diri Anda. Bisa dilakukan dengan cara berendam selama beberapa saat, baca buku favorit, atau sekadar membuat rencana untuk hari Minggu yang akan datang. 

Seperti dikutip tabloidbintang dari laman Verily, jangan paksakan diri untuk berolahraga di hari Minggu, kecuali memang Anda benar-benar menginginkannya. Jika olahraga justru jadi beban, sebaiknya urungkan niat untuk berolahraga. Cukup lakukan sedikit gerakan peregangan supaya tubuh tidak kaku. 

Intinya, hari Minggu harus tetap diisi dengan kegiatan yang rileks dan Anda sukai, bukan justru menambah beban pikiran. 

Penulis : Redaksi
Editor: Redaksi
Berita Terkait