Buat Laporan Keuangan Makin Mudah dengan Software Akuntansi Terbaik
Buat Laporan Keuangan Makin Mudah dengan Software Akuntansi Terbaik

Buat Laporan Keuangan Makin Mudah dengan Software Akuntansi Terbaik

Kamis, 23 Juni 2022 01:00:32 WIB | Infomercial
A+ | Reset | A-

TABLOIDBINTANG.COM - Laporan keuangan adalah catatan informasi keuangan suatu perusahaan pada suatu periode akuntansi yang dapat digunakan untuk menggambarkan kinerja perusahaan tersebut. Laporan keuangan merupakan bagian dari proses pelaporan keuangan dimana biasanya sering dilakukan audit oleh lembaga pemerintah, akuntan, firma, atau lembaga lainnya dengan tujuan untuk memastikan akurasi dan untuk tujuan pajak, pembiayaan, atau investasi.

Laporan keuangan yang lengkap biasanya meliputi:

?    Laporan posisi keuangan (Neraca)
?    Laporan laba rugi komprehensif
?    Laporan perubahan ekuitas
?    Laporan perubahan posisi keuangan yang dapat disajikan berupa laporan arus kas atau laporan arus dana
?    Catatan dan laporan lain serta materi penjelasan yang merupakan bagian tak terpisahkan dari laporan keuangan

Unsur yang berkaitan secara langsung dengan pengukuran posisi keuangan adalah aset, kewajiban, dan ekuitas. Sedangkan unsur yang berkaitan dengan pengukuran kinerja dalam laporan laba rugi adalah penghasilan dan beban. Laporan posisi keuangan biasanya mencerminkan berbagai unsur laporan laba rugi dan perubahan dalam berbagai unsur neraca.

Komponen Laporan Keuangan

Menurut Standar Akuntansi Keuangan yang berlaku di Indonesia, laporan keuangan lengkap terdiri dari 5 jenis laporan, yaitu laporan laba rugi, laporan perubahan modal, laporan posisi keuangan (neraca), laporan arus kas dan catatan atas laporan keuangan.

1.    Laporan Laba/Rugi

Laporan laba-rugi atau income statement atau profit and loss statement merupakan laporan keuangan yang berfungsi untuk menilai kinerja keuangan apakah perusahaan mengalami keuntungan atau kerugian pada satu periode akuntansi. Selain untuk mengetahui keuntungan atau kerugian, laporan laba rugi juga dibuat untuk memberikan informasi tentang pajak perusahaan, bahan evaluasi manajemen dan membantu dalam pengambilan keputusan.

2.    Laporan Perubahan Modal

Laporan perubahan modal adalah laporan yang menggambarkan perubahan baik berupa peningkatan atau penurunan aktiva bersih selama satu periode. Pada saat awal pendirian perusahaan, sebagai pemilik perusahaan pasti menyetorkan modalnya. Selama beroperasi tentu saja modal awal akan berubah sesuai dengan kinerjanya. Misalnya, jika pada periode berjalan perusahaan mengalami kerugian maka modal akan berkurang. Sebaliknya jika perusahaan mengalami keuntungan, modal akan bertambah.

3.    Laporan Posisi Keuangan

Seperti namanya laporan posisi keuangan (neraca) atau balance sheet  merupakan laporan keuangan yang menunjukan posisi dan informasi keuangan sebuah perusahaan. Dalam laporan neraca, kamu akan melihat informasi tentang aset, kewajiban dan modal perusahaan secara lengkap dan rinci. Dengan kata lain, elemen dalam laporan neraca hanya tiga akun tersebut.

4.    Laporan Arus Kas

Jenis laporan keuangan yang keempat yakni laporan arus kas atau cash flow statement. Laporan arus kas memberikan informasi tentang aliran kas perusahaan yang masuk dan keluar. Selain itu, laporan arus kas juga berfungsi sebagai indikator untuk memprediksi arus kas di periode yang akan datang.

5.    Catatan Atas Laporan Keuangan

Catatan Atas Laporan Keuangan (CALK) merupakan bagian dari laporan keuangan suatu entitas. Namun, catatan laporan keuangan bukanlah hal yang wajib dibuat oleh perusahaan. Sehingga biasanya perusahaan yang membuat catatan atas laporan keuangan adalah perusahaan-perusahaan skala besar atau perusahaan yang sudah terbuka (public companies). Tujuan pembuatan laporan ini adalah untuk memberikan penjelasan yang rinci tentang hal-hal yang ada pada jenis laporan keuangan lainnya. Sehingga letak catatan atas laporan keuangan ada di belakang sendiri.

Manfaat Software akuntansi

Persaingan bisnis yang semakin ketat menuntut para pengusaha untuk terus menerus memperbaiki manajemen perusahaannya. Salah satu yang paling krusial adalah manajemen keuangan. Perusahaan idealnya memiliki laporan keuangan yang akurat, karena ketidakakuratan pada laporan keuangan akan menimbulkan berbagai masalah.

Membuat laporan keuangan secara mudah dan akurat demi kesehatan keuangan perusahaan sebenarnya tidak sulit mengharuskan Anda memiliki latar belakang pada bidang akuntansi. Bagi Anda para pemiliki bisnis UMKM, berikut empat manfaat software akuntansi terbaik untuk membuat laporan keuangan jadi lebih mudah.

1. Mempercepat Proses Pengelolaan Data

Dibandingkan menyusun laporan keuangan secara manual, penggunaan software akuntansi dapat mempercepat proses penyusunan menjadi jauh lebih cepat. Pengguna hanya perlu memasukkan data setiap kali terjadi transaksi. Ketika pengguna ingin melihat laporan, contohnya laporan penjualan, cukup mengklik fitur laporan penjualan dan laporan pun akan muncul secara otomatis, sesuai dengan periode yang telah ditentukan. Praktis, bukan?

2. Meminimalisir Kesalahan Perhitungan

Perhitungan secara manual memungkinkan kesalahan perhitungan yang lebih besar dibandingkan perhitungan yang dilakukan oleh sistem. Menggunakan software akuntansi, memberikan Anda pelayanan melalui perhitungan yang akurat.

3. Mengetahui Kondisi Keuangan Perusahaan Kapanpun dan Di manapun

Software akuntansi yang dapat diinstal di smartphone Anda, memungkinkan Anda untuk mengetahui kondisi keuangan perusahaan secara real time meskipun Anda sedang tidak berada di kantor. Jika Anda memiliki beberapa kantor cabang, Anda dapat memanfaatkannya untuk mengetahui kondisi keuangan seluruh cabang Anda kapanpun dan di manapun.

4. Cukup Satu Kali Kerja

Menyusun keuangan secara manual mengharuskan Anda kerja berkali-kali dengan membuka, menulis, mencocokkan catatan yang terdapat di buku keuangan Anda. Hal itu sangat tidak efektif dan efisien. Dengan sistem yang terintegrasi ketika Anda menggunakan Software akuntansi, cukup sekali kerja, laporan keuangan Anda langsung jadi.
Itulah penjelasan singkat 4 manfaat software akuntansi untuk penyusunan laporan keuangan perusahaan Anda. Manajemen keuangan yang baik dan profesional tentu saja akan memudahkan Anda dalam mengambil keputusan-keputusan penting dalam perusahaan.

Cara Memilih Software akuntansi 

Setelah mengetahui apa saja kelebihan dari penggunaan software akuntansi pada perusahaan, selanjutnya pemilihan software akuntansi yang tepat sangat diperlukan agar penggunaannya dapat dioptimalkan dalam mendukung operasional bisnis perusahaan. Oleh karena itu, ketahui terlebih dahulu cara memilih software akuntansi yang tepat seperti beberapa di bawah ini:

1.    Pertimbangkan Kebutuhan Perusahaan

Sebelum memilih software akuntansi yang akan digunakan, sangat penting bagi Anda untuk mengetahui apa saja yang sebenarnya dibutuhkan perusahaan agar software yang digunakan dapat mendukung perkembangannya. Hal ini dikarenakan setiap software akuntansi menawarkan fitur yang berbeda-beda sehingga Anda harus memastikan memilih fitur yang bisa lebih pas bagi perusahaan.

Dengan memahami apa saja kebutuhan perusahaan yang sebenarnya, Anda bisa mempersempit pilihan software akuntansi yang tepat. Cara terbaik untuk mengetahui software akuntansi seperti apa yang tepat untuk mendukung operasional bisnis Anda adalah dengan memahami bagaimana bisnis Anda beroperasi, lalu lakukan riset terlebih dahulu berbagai jenis software yang ada di pasaran. Ada berbagai macam pilihan software akuntansi yang tersedia, termasuk software yang fiturnya dirancang khusus atau disesuaikan dengan operasional bisnis suatu perusahaan.

2.    Kelengkapan Fitur

Setelah mengetahui kebutuhan apa saja yang dibutuhkan oleh perusahaan, menentukan fitur apa saja yang harus ada pada software akuntansi yang akan digunakan merupakan langkah yang paling penting. Penentuan fitur-fitur ini pun bisa dikonsultasikan dengan tim Anda terlebih dahulu, karena mungkin tim Anda ada yang mengetahui fitur yang belum terpikirkan. Hal ini juga untuk meminimalisir adanya fitur yang harus ditambahkan setelahnya sehingga memungkinkan Anda harus mengeluarkan budget yang lebih besar lagi.

3.    Layanan Support yang Memadai

Poin penting lainnya yang harus dipastikan adalah apakah penyedia software akuntansi online yang akan Anda gunakan memiliki layanan bantuan yang memadai. Mengimplementasikan serta menjalankan sebuah software ada kalanya menemui kendala-kendala tertentu. Oleh karena itu, sangat penting bagi penyedia software akuntansi online yang bekerjasama dengan perusahaan Anda untuk memberikan layanan bantuan yang baik.

Layanan support ini tidak hanya diberikan ketika Anda menemui kendala, tetapi juga memberikan saran atau konsultasi proses bisnis, membantu proses implementasi software dan juga setup accounting.

Jurnal by Mekari Rekomendasi Software akuntansi Terbaik

Apakah Anda sedang kesulitan mengatur catatan keuangan bisnis? Sering kali dibuat pusing dengan laporan pembukuan yang ribet dan banyak formatnya?

Tak perlu khawatir, kini Jurnal by Mekari hadir untuk memberikan layanan perangkat lunak terlengkap dengan berbagai macam kemudahan di dalamnya. Apalagi, software akuntansi terbaik ini tersedia secara online dan bisa diakses melalui perangkat dan sistem operasi mana pun, baik komputer maupun smartphone asalkan kekuatan sinyal dan paket data internet Anda mendukung.

Jurnal by Mekari menyediakan fitur uji coba gratis selama 14 hari sebelum Anda memutuskan ingin berlangganan atau tidak. Sejak pertama kali didirikan, software akuntansi terbaik ini sudah digunakan oleh lebih dari 20.000 tipe bisnis di Indonesia, baik skala kecil, menengah, hingga raksasa. 

Sesungguhnya, apa saja yang mampu diberikan oleh software akuntansi terbaik satu ini? Jawabannya cukup bervariasi, tetapi di sini Anda tidak hanya mendapatkan alat bantu untuk mencatat keuangan perusahaan, melainkan juga inventarisnya. Terlebih lagi, semua itu bisa diakses dengan akurat dan real-time tanpa perlu repot diperbarui secara manual oleh karyawan.

Jurnal by Mekari adalah model transformasi perangkat lunak akuntansi yang berjalan beriringan dengan perkembangan zaman. Kecanggihan teknologi memang mau tidak mau memaksa manusia untuk menjalankan berbagai macam aktivitas secara daring. Kemudian, orisinalitas software ini terjamin dimana telah banyak digunakan oleh akuntan profesional.

Beberapa keuntungan spesifik yang bisa Anda peroleh antara lain mengurangi kesalahan pencatatan manual oleh karyawan, melacak dan memonitoring transaksi online, merekonsiliasi akun bank pada laporan pembukuan, hingga membuat invoice relatif lebih cepat karena telah diotomatisasi.

Hal-hal di atas pada akhirnya akan menciptakan kepuasan pelanggan yang berpotensi mempercepat laju perkembangan bisnis Anda. Jika pelanggan merasa puas terhadap suatu merek, maka tinggal menunggu waktu saja hingga mereka bersedia memberikan loyalitas.

Karena itu, alih-alih Anda repot mencari software akuntansi terbaik serupa lainnya, akan lebih mudah jika segera berlangganan Jurnal by Mekari, mengingat tarifnya saat ini masih terbilang bersahabat. Jangan sia-siakan kesempatan dan segera raih beragam manfaatnya!

Kesimpulan

Menemukan software akuntansi terbaik untuk bisnis Anda bukanlah tugas yang mudah. Setelah Anda menginvestasikan waktu dan uang Anda ke satu sistem akuntansi, akan sangat sulit untuk bermigrasi ke yang lain setelah data Anda tersimpan disana.

Jadi, selalu lebih baik untuk menghabiskan lebih banyak waktu sebelum melakukan pembelian untuk menghindari frustasi berkepanjangan pada tahap selanjutnya. Dan saran kamu adalah untuk menggunakan software akuntansi berbasis cloud, mengapa? anda bisa membaca pertimbangannya disini.

Jangan lupa, jika ada software yang menyediakan masa uji coba gratis, pilih yang paling lama. Hal ini agar Anda bisa lebih leluasa mengeksplorasi berbagai fitur di dalamnya. Seperti Jurnal by Mekari yang menyediakan masa uji coba gratis selama 14 hari.
 



Penulis Infomercial
Editor Tubagus Guritno
TAG: #Keuangan
Terbaru
Pihak Dito Mahendra Ngotot Nikita Mirzani Sudah Tersangka

Pihak Dito Mahendra Ngotot Nikita Mirzani Sudah Tersangka

29 menit yang lalu
Terkenal Karena Cover, Thana Ajeng dan Uki Diqie Ungkap Asal Usul dan Arti Nama Aviwkila

Terkenal Karena Cover, Thana Ajeng dan Uki Diqie Ungkap Asal Usul dan Arti Nama Aviwkila

1 jam yang lalu
Angga Yunanda Sempat Diragukan Sutradara Main Catatan Si Boy Reboot

Angga Yunanda Sempat Diragukan Sutradara Main Catatan Si Boy Reboot

2 jam yang lalu
Punya Karya Sendiri Tak Laku, Aviwkila Pilih Pansos dengan Cara Ini

Punya Karya Sendiri Tak Laku, Aviwkila Pilih Pansos dengan Cara Ini

3 jam yang lalu
Kate Middleton Posting Foto Pakai Seragam Tentara, Netizen Kagum : Sangat Memukau

Kate Middleton Posting Foto Pakai Seragam Tentara, Netizen Kagum : Sangat Memukau

7 jam yang lalu
Memahami "Sreamfree Parenting", Pola Asuh Tanpa Nada Tinggi atau Teriakan! 

Memahami "Sreamfree Parenting", Pola Asuh Tanpa Nada Tinggi atau Teriakan! 

8 jam yang lalu
MD Picture Garap Catatan Si Boy Reboot, Dibintangi Angga Yunanda dan Syifa Hadju

MD Picture Garap Catatan Si Boy Reboot, Dibintangi Angga Yunanda dan Syifa Hadju

9 jam yang lalu
Rising Star Dangdut: Paket Lengkap, Dila Disebut Titisan Iyeth Bustami 

Rising Star Dangdut: Paket Lengkap, Dila Disebut Titisan Iyeth Bustami 

10 jam yang lalu
Ruben Onsu Kembali Dilarikan ke Rumah Sakit, Betrand Peto Menangis

Ruben Onsu Kembali Dilarikan ke Rumah Sakit, Betrand Peto Menangis

11 jam yang lalu
Kini Giliran Foto Aldebaran Dihilangkan dari Bumper Opening Ikatan Cinta, Arya Saloka Fix Tidak Balik?

Kini Giliran Foto Aldebaran Dihilangkan dari Bumper Opening Ikatan Cinta, Arya Saloka Fix Tidak Balik?

12 jam yang lalu