Yang Boleh dan Sebaiknya Jangan Dibeli dengan Kartu Kredit

Rizki Adis Abeba | 28 Oktober 2017 | 21:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Alangkah baiknya, jika Anda tidak sembarang menggunakan kartu kredit di semua transaksi pembelian.

Cermati dulu untung dan ruginya sebelum menggesek agar tidak terjebak kemudaratan kartu kredit.

Untuk Anda, Mike menyarankan barang apa saja yang boleh dibeli memakai kartu kredit dan sebaliknya.

Pakai kartu kredit

- Barang elektronik. Daripada mengeluarkan uang dalam jumlah besar untuk sekali pembelian barang elektronik, manfaatkan program cicilan 0 persen sehingga Anda bisa mencicil tanpa terkena bunga. Tapi ingat, bayarlah tagihan tepat waktu agar tidak terkena bunga keterlambatan membayar.

- Tiket pesawat dan pemesanan hotel. Gunakan kartu kredit terutama ketika bank penerbit memberikan promo untuk pembelian tiket dan pemesanan hotel. Selain promo potongan harga, biasanya ada promo tambahan poin yang bisa digunakan untuk perjalanan selanjutnya. Bahkan, ada promo paket pesawat dan hotel dengan harga miring.

- Transaksi di luar negeri. Menggunakan kartu kredit untuk bertransaksi di luar negeri ketika sedang berlibur atau tugas kerja menjadi alternatif menguntungkan. Pertama, Anda tidak perlu membawa terlalu banyak uang tunai. Kedua, beberapa bank memberikan promo uang kembali pada musim tertentu. Yang perlu diingat, cari tahu dulu nilai tukar mata uang bank penerbit kartu kredit terhadap mata uang negara tujuan. Jika jauh lebih mahal daripada nilai tukar di tempat penukaran uang, maka simpan baik-baik kartu kredit Anda. Gunakan hanya dalam keadaan darurat.

- Biaya rumah sakit. Ini menguntungkan jika Anda karyawan di kantor yang memberikan penggantian biaya berobat dengan sistem ganti uang di belakang. Anda tinggal mengalihkan uang pengganti dari kantor untuk membayar tagihan kartu kredit sehingga tidak perlu mengeluarkan uang pribadi untuk biaya berobat.

- Belanja bulanan. Jumlah tagihan kartu kredit bisa dimanfaatkan untuk menakar seberapa banyak pembelanjaan bulan lalu sehingga Anda bisa memperhitungkan belanja pada bulan berikutnya.


Jangan pakai kartu kredit

- Belanja di toko daring tidak jelas. Berhati-hatilah ketika berbelanja daring. Perhatikan laman belanja, apakah menggunakan alamat http (Hypertext Transfer Protocol) atau https (Hypertext Transfer Protocol Secure). Laman http tidak menjamin keamanan data yang ditransmisikan antara klien dengan server. Sementara https menjamin keamanan data yang dikirimkan. Ketika Anda berbelanja di laman http, ada kemungkinan data dari kartu kredit Anda bocor dan bisa disalahgunakan pihak lain.

- Tagihan kartu kredit lainnya. Jangan berutang untuk membayar utang. Membayar tagihan kartu kredit dengan kartu kredit lain tidak melepaskan Anda dari jerat utang namun hanya menundanya. Bahkan ada kemungkinan Anda terkena utang dengan bunga lebih besar.

- Belanja impulsif. Jangan tergoda membeli barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan hanya karena iming-iming promo diskon dari kartu kredit. Sebesar apapun potongan harganya, tidak ada faedahnya jika pada akhirnya barang tidak terpakai. Yang adam tagihan kartu kredit Anda membengkak.

 

Penulis : Rizki Adis Abeba
Editor: Rizki Adis Abeba
Berita Terkait