Proses Pemutihan Gigi Berpotensi Merusak Kesehatan Kulit dan Mata

Khairiyah Sartika | 27 Desember 2013 | 15:55 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Walau memberikan hasil gigi cemerlang, berkilau dan putih, proses pemutihan gigi ternyata menyimpan resiko berbahaya bagi kesehatan bagian tubuh lain.

Para dokter telah menemukan bahwa proses ini menimbulkan resiko berbahaya terhadap mata dan kulit. Ini disebabkan oleh lampu yang digunakan saat menjalankan proses pemutihan gigi, yakni sinar radiasi ultraviolet, demikian dilaporkan Huffington Post, Senin (23/12).

Ahli dari Royal Society of Chemsitry memperingatkan bahwa keputusan ingin memutihkan gigi, malah berpotensi memancarkan radiasi dengan resiko kesehatan  empat kali lipat lebih berbahaya.

Mereka menemukan bahwa sinar ultraviolet yang dipancarkan mampu merusak kulit dan mata. Dokter pun menjelaskan bahwa sulit untuk melakukan proses pemutihan gigi tanpa radiasi ultraviolet karena proses dan hasilnya akan menjadi sia-sia.

Ketika melakukan satu kali proses pemutihan gigi, maka ini sama saja dengan berjemur di bawah sinar matahari pada daerah terbuka tanpa mengenakan alat perlindungan matahari.

Jadi, jika ingin melakukan proses pemutihan gigi, ada baiknya mempertimbangkan terlebih dahulu resiko yang terselip, agar tak menyesal di kemudian hari.

(tika/gur)

Penulis : Khairiyah Sartika
Editor: Khairiyah Sartika
Berita Terkait