Berhasil Bertahan hingga Akhir Bulan, Ini 4 Lifehack Hemat Ala Anak Kos!

Redaksi | 4 November 2021 | 03:36 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Kehidupan sebagai anak kos seakan memiliki kewajiban tak tertulis untuk lebih berhemat dengan adanya berbagai biaya kebutuhan pokok, seperti tempat tinggal, makan, laundry, dan lainnya. Seringkali, sikap gegabah dan impulsif untuk boros di awal bulan berujung penyesalan di minggu menjelang "tanggal tua". 

Daripada mengeluh, ternyata banyak sekali cara mudah yang bisa dilakukan anak kos untuk berhemat dalam mengatur alokasi pengeluaran, lho! Yuk, simak 4 lifehack hemat ala anak kos berikut ini:

Terapkan skala prioritas kebutuhan
Ketika sedang jalan-jalan di mal atau swalayan, tidak jarang kamu menginginkan sesuatu yang tidak direncanakan dalam daftar belanja sebelumnya. Padahal, belum tentu kamu membutuhkan barang tersebut. Tanpa disadari, kebiasaan ini akan membuat pengeluaran kamu membengkak dan mempengaruhi budget untuk kebutuhan wajib lainnya. Sebaiknya, ciptakan mindset pada diri sendiri untuk menetapkan prioritas pengeluaran dan hindari sikap impulsif. Selalu pertimbangkan dua hingga tiga kali sebelum membeli sesuatu di luar rencana. Tak kalah penting, utamakan alokasi pengeluaran di awal bulan untuk kebutuhan pokok terlebih dahulu, ya!

Unsubscribe layanan digital berbayar yang jarang kamu gunakan
Kini, semakin banyak layanan hiburan digital berbayar yang ditawarkan, mulai dari platform musik, film, hingga fitur premium di dalam aplikasi games. Pada kenyataannya, hanya sebagian platform yang kamu gunakan secara rutin. Walaupun dengan harga yang terjangkau, namun jika dikalkulasikan secara keseluruhan, maka kebiasaan ini bisa menjadi sumber pengeluaran yang bikin “kering” dompet kamu. Oleh karena itu, pertimbangkan kembali layanan mana yang jarang kamu gunakan atau carilah alternatif platform yang menawarkan layanan serupa dengan kesempatan bebas akses.

Mencatat setiap pengeluaran 
Seperti kata pepatah "Lebih Besar Pasak Daripada Tiang”, pernahkah kamu kebablasan jajan dan belanja di luar budget pengeluaran yang telah kamu tetapkan sebelumnya? Ketika tanggal gajian tiba atau saldo di rekening masih dalam batas aman, acap kali kita menjadi lupa diri untuk mengontrol besarnya pengeluaran. Cobalah untuk mencatat setiap pengeluaran agar kamu bisa dengan mudah menelusuri kembali berapa jumlah uang yang telah kamu belanjakan dan apakah sudah melewati batas maksimalnya. Di era digital ini, kamu bisa memanfaatkan layanan pembayaran digital seperti ShopeePay yang merekam setiap transaksi secara otomatis. Jadi, tidak perlu repot-repot untuk mencatat secara manual, kan?

Cari makan dengan harga yang terjangkau
Tuntutan untuk berhemat harus dipenuhi, namun rasa keinginan untuk nongkrong bersama teman-teman tetap tidak terelakkan. Supaya isi dompet kamu tidak meronta-ronta, pilihlah restoran atau kafe dengan harga yang terjangkau, salah satunya Baso Aci Akang. Berdiri sejak tahun 2018, Baso Aci Akang kini menjadi merek baso aci paling populer dengan 108 gerai di Jabodetabek, Surabaya, Cirebon, dan kota lainnya di seluruh Indonesia. Cukup merogoh kocek mulai dari Rp20.000, kamu bisa menikmati berbagai varian menu baso aci kekinian yang lezat dengan harga yang sangat terjangkau. Mulai dari Paket Baso Beneran, Paket Lapar, Paket Culamietan, Paket Sayang Anak, dan masih banyak lainnya.
 
CEO Akang Group Moch Dandi Sepsaditri menyampaikan, “Sebelum kian populer seperti saat ini, mungkin sebagian orang hanya mengenal baso aci sebagai jajanan khas Jawa Barat yang umum ditemukan. Baso Aci Akang berupaya menciptakan cita rasa unik dan modern dengan pilihan menu baso aci yang lebih menarik serta komposisi yang lebih sehat. Kami juga ingin Baso Aci Akang bisa dinikmati oleh segala kalangan. Untuk itu, seluruh menu Baso Aci Akang dibanderol dengan harga yang terjangkau serta menghadirkan promo-promo spesial, diantaranya melalui partisipasi kami pada kampanye ShopeePay 11.11 Big Deals yang memberikan promo cashback lebih besar untuk setiap transaksi menggunakan ShopeePay.”

Sudah tidak sabar untuk mencoba varian menu lezat dari Baso Aci Akang? Kabar baiknya, kamu bisa jajan menu Baso Aci Akang dengan lebih hemat menggunakan Voucher Cashback 100% seharga Rp100 dalam rangka kampanye ShopeePay 11.11 Big Deals hingga 12 November 2021. Lebih menariknya lagi, khusus di puncak kampanye tanggal 11 November mendatang, kamu dapat menikmati Baso Aci Akang dengan semakin hemat menggunakan promo ShopeePay Deals Rp1.

Temukan cabang Baso Aci Akang terdekat di fitur Deals Sekitarmu pada aplikasi Shopee dan gunakan Voucher Cashback saat bertransaksi menggunakan ShopeePay. Bagi kamu yang “mager” keluar kos, Baso Aci Akang juga tersedia di layanan ShopeeFood dengan promo gratis ongkir dan diskon 60%.

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, makan enak dengan Baso Aci Akang serta gunakan ShopeePay sebagai metode pembayaran supaya kamu bisa berhasil berhemat hingga akhir bulan!

Penulis : Redaksi
Editor: Redaksi
Berita Terkait