Dulu Dipakai Membumbui Daging Anjing, Bumbu RW Khas Manado Kini Bisa untuk Ikan

Christiya Dika Handayani | 13 Oktober 2017 | 11:20 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Indonesia terkenal dengan banyaknya makanan khas di setiap daerahnya. Seperti di kota Manado, Sulawesi Utara, yang merupakan salah satu tempat yang kaya akan hasil lautnya. Oleh karena itu, masyarakat Manado mengolah hasil laut tersebut dengan berbagai macam olahan, salah satunya adalah ikan tuna bumbu RW.

Ikan tuna bumbu RW ini biasanya dimasak dengan menambahkan daun bawang atau daun kemangi di dalam hidangannya dan dinikmati dengan nasi hangat, singkong rebus atau pisang rebus.

Bumbu RW merupakan bumbu kunyit, cabai dan jahe yang dihaluskan secara kasar. Bumbu RW ini dikenal memiliki rasa yang sangat pedas dan terasa rempahnya. Sebelumnya bumbu RW ini hanya digunakan untuk memasak makanan yang berasal dari kota Manado dan Minahasa yang berbahan dasar daging anjing. 

Daging anjing di Manado dikenal dengan istilah RW yang merupakan singkatan dari rintek wuuk yang artinya bulu halus. Namum kini, bumbu RW bisa digunakan untuk mengolah bahan daging lainnya seperti ayam, bebek, daging kucing hingga ikan dan gurita.

 

(dika / wida)

Penulis : Christiya Dika Handayani
Editor: Christiya Dika Handayani
Berita Terkait