Ngopi Akhir Pekan: Kopi Rasa Kelapa di Oetara Coffee

Ika Nurhayati | 21 Oktober 2017 | 02:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Espresso, latte, cappuccino, deretan minuman kopi yang sudah lazim masuk menu sebuah kafe. Namun belakangan seiring berkembangnya minat orang pada kopi, untuk menarik pengunjung, barista makin kreatif meracik minuman baru. Nah, untuk menu minuman kopi yang variatif dan dengan rasa kopi yang masih intens, Oetara Coffee salah satu yang terdepan. Yang menggoda pengunjung untuk datang ke sini adalah minuman kopi rasa kelapa, dengan judul coco latte.

Coco latte bukan sekadar latte dengan tambahan perasa atau sirup kelapa. Coco latte yang hanya tersedia hangat ini merupakan hasil campuran kopi, susu, dan minyak kelapa yang dipanaskan. Terhidang di depan meja, wangi! Rasa kelapa dapat dicecap, kopinya pun cukup mantap—alhasil kami bisa membayangkan betapa pekatnya cappuccino atau latte Oetara Coffee. Kalau lebih suka minuman cokelat, ada lo versi cokelatnya, coco chocolate.

Satu lagi minuman rasa kelapa khas Oetara Coffee, iced coco black. Sesuai namanya, ini es kopi hitam, namun dengan campuran air kelapa dan nata de coco. Unik, kan? Masih ada lagi beberapa minuman kopi yang titelnya enggak kalah keren, yakni espresso tonic, cappuccino alfredo, earl grey latte, dan gula melaka affogato.

Oetara Coffee patut dikunjungi bukan cuma demi deretan minuman kopinya yang eksotis. Genap berusia setahun bulan ini, Oetara Coffee, beda dengan kafe masa kini yang desainnya rata-rata minimalis dan industrial, berkarakter feminin. Dengan permainan warna turquoise yang disukai banyak cewek, plus putih, abu-abu lembut, cokelat kayu, dan penempatan vas bunga di setiap meja, desain jendela dan cermin dengan bentuk atasnya berupa setengah lingkaran, Oetara Coffee latar yang cantik untuk foto.

Barisan stafnya ramah dan atentif terhadap kebutuhan pengunjung. Kalau kamu memesan minuman kopi atau lainnya dan butuh air putih setelahnya, tidak usah khawatir, stafnya bakal mengantar seloki berisi infused water langsung ke mejamu. Ketika seloki itu terlihat sedikit kosong saja, mereka akan segera mengisinya lagi hingga penuh. Seloki kami saja sampai diisi 4 kali.

Staf juga menguasai menu. Menu makanan Oetara Coffee tidak banyak namun bervariasi untuk yang ingin mengudap saja maupun makan berat. Dari perbincangan singkat dengan baristanya, kami memutuskan memesan chicken mash yang berporsi sedang.

Chicken mash atau potongan ayam renyah tersaji beralas mashed potatoes serta disiram saus sriracha dan maple. Kentang lumatnya lembut, saus maple-nya banyak, membuat hidangan ini lumer di mulut. Kalau ingin makan kenyang, ada pasta, chicken waffle, juga hidangan yang jarang didapati di tempat lain karena menggunakan couscous, bahan pangan pokok yang populer di Afrika Utara, chicken & fish roll couscous.

Karena suasananya bikin betah, kami tak buru-buru beranjak dan malah menambah pesanan, sepotong cake pandan gula melaka. Wah cake ini pun wangi, lembap, dan isi kelapa gula merahnya tidak berlebih manisnya. Makanan dan minuman dengan nama gula melaka, atau gula merah dalam bahasa Melayu, ikut mengisi menu karena Oetara Coffee bersaudara dengan Percolate, kafe di Singapura.

Oetara Coffee

Jl. Pluit Karang Barat Blok G6 No. 25A, Muara Karang, Jakarta Utara

Senin-Jumat 08.00-22.00 WIB, Sabtu-Minggu 09.00-22.00 WIB

 

Penulis : Ika Nurhayati
Editor: Ika Nurhayati
Berita Terkait