Promosi Wisata, Kemenpar Gandeng Artis yang Juga Pengusaha Kue

TEMPO | 7 Juni 2018 | 20:40 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Merayakan sekaligus promosi pariwisata saat arus mudik, Kementerian Pariwisata menginisiasi program Pesona Mudik dan menjalin kerja sama co-branding dengan 100 brand. “Arus pergerakan wisatawan turun 50 persen saat puasa. Dari semula 20 juta menjadi 10 juta. Namun menjelang Lebaran, pergerakan naik 20 juta menjadi 30 juta,” ujar Menpar Arief saat buka bersama Forum Wartawan Pariwisata di Ayana Midplazza, Sudirman, Jakarta Pusat, Rabu, 6 Juni 2018.

Tak kurang dari 37 brand dalam ajang prmosi wisata ini merupakan merek kue artis yang dimiliki selebriti. Mereka didapuk menjadi endorser yang kuat untuk turut mempromosikan potensi daerah melalui oleh-oleh. Endorser merupakan salah satu bagian strategi Menteri Pariwisata Arief Yahya meningkatkan jumlah wisatawan, baik asing maupun Nusantara. Adapun strategi lain meliputi paid, owned, dan social media.

Tujuannya adalah terdongkraknya sektor pariwisata Indonesia, baik yang dipasarkan melalui brand Wonderful Indonesia maupun Pesona Indonesia. Wonderful Indonesia dipasarkan untur turis global, sedangkan Pesona Indonesia dipasarkan untuk turis domestik.

Priyanto Rudito, Penasihat Menteri Pariwisata untuk Co-branding, mengatakan kue artis terpilih sebagai mitra co-branding karena mereka sudah memiliki nama. “Kue artis dengan latar belakang brand yang sudah dikenal dapat memperkuat sinergi,” ujarnya saat ditemui di Ayana Midplazza, Jakarta Pusat. Apalagi artis-artis tersebut memiliki basis pengikut di akun media sosial yang sangat kuat. “Misalnya Prilly Latuconsina, yang followers-nya sudah 20 juta, bayangkan bagaimana impact-nya kalau ikut mempromosikan pariwisata,” ujarnya.

Dalam upaya promosi pariwisata oleh-oleh menjadi bagian penting yang dilirik, karena umumnya wisatawan tak abai membeli oleh-oleh saat liburan. “Oleh-oleh adalah bagian yang tak ketinggalan dibeli saat wisatawan pergi ke destinasi tertentu,” ujar Arief Yahya. Selama Lebaran 2018, setiap Rp 500 dari hasil penjualan satu buah kue artis akan disumbangkan melalui Rumah Zakat. Adapun Konsumen akan memperoleh diskon apabila bertransaksi menggunakan debit atau kredit BRI.

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait