4 Kesalahan Umum Saat Booking Tiket Pesawat

Infomercial | 12 Agustus 2018 | 00:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Musim liburan memang telah usai, tetapi bukan berarti Anda tidak bisa melanjutkan rencana berlibur. Salah satu destinasi wisata anti-mainstream yang bisa dikunjungi adalah Semarang. Kota ini bisa ditempuh dengan menggunakan berbagai macam alat transportasi. 

Jika memilih menggunakan pesawat, pastikan Anda tahu beberapa tahapan yang harus dilakukan. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, berikut merupakan beberapa kesalahan umum yang sering dilakukan orang saat booking tiket pesawat sebagai referensi. Di antaranya:

1. Tidak teliti membaca saat membaca informasi yang disediakan

Kebanyakan orang hanya tergiur dengan harga tiket murah sehingga sering kali mengabaikan berbagai informasi yang terkait. Sehingga saat melakukan booking dan harus melakukan pembayaran, mereka selalu kecewa karena ternyata tiket yang dibeli tidak sesuai dengan bujet atau waktu yang diinginkan.

Untuk meminimalkan hal semacam ini, usahakan untuk menggunakan situs online travel agent dan selalu membaca setiap informasi yang disediakan website tersebut. Misalnya saja di website Airy yang menyediakan berbagai informasi terkait rute penerbangan pilihan dan promo tiket pesawat yang membantu kita memutuskan penerbangan yang sesuai dengan diri kita.

Informasi yang disediakan pada situs online travel tersebut termasuk perbandingan harga dan fasilitas yang didapatkan. Sehingga kemungkinan untuk gagal booking di layanan Airy sangatlah kecil. Kalaupun hal tersebut sampai terjadi pada Anda, Airy menyediakan fasilitas refund yang cukup mudah sehingga calon penumpang tidak merasa dirugikan.

2. Tidak membandingkan harga tiket setiap maskapai

Sudah jadi rahasia umum bahwa setiap maskapai memiliki harga berbeda meskipun hari keberangkatannya sama. Perbedaan tersebut biasanya ditentukan oleh fasilitas seperti makanan selama perjalanan. Padahal untuk perjalanan yang menempuh waktu sekitar 1 sampai 3 jam, mungkin makanan bukanlah hal yang terlalu dibutuhkan. 

Nah agar tidak harus membeli tiket pesawat mahal dengan fasilitas yang tidak terlalu Anda butuhkan, pastikan saat melakukan booking Anda membandingkan dulu harga satu maskapai dengan maskapai lain. Hal seperti ini dapat Anda lakukan dengan lebih mudah melalui situs dan aplikasi Airy. 

3. Booking tiket terlalu awal

Memesan dari jauh-jauh hari memang sangat direkomendasikan agar kita bisa mendapatkan tiket dengan harga murah. Tetapi hal tersebut tidak disarankan jika kita belum terlalu yakin dengan waktu keberangkatan. Jika belum terlalu yakin, lebih baik booking tiket pesawat sekitar 1 atau 2 minggu sebelum bepergian. 

Karena biasanya, tiket yang sudah dibeli dari jauh-jauh hari tidak bisa di-refund atau cancel. Akibatnya, kita akan rugi karena tiket hangus dan harus membeli yang baru lagi. Selain tidak mem-booking tiket terlalu awal, usahakan membeli di situs online travel agent tepercaya seperti Airy.

Karena jika terjadi kesalahan, kerugian akibat gagal booking di Airy dapat diminimalkan oleh proses refund yang mudah. Anda hanya perlu memenuhi persyaratan yang diminta serta menghubungi bagian customer service Airy. Prosesnya pun mudah namun untuk pengembalian dana akibat gagal terbang atau alasan lainnya, biasanya akan memakan waktu sekitar 30 hari kerja.

4. Tidak terlalu mengerti soal internet dan teknologi

Penyebab lain gagal booking tiket pesawat biasanya karena calon penumpang tidak terlalu mengerti soal internet dan teknologi. Sehingga mereka membutuhkan bantuan agen travel konvensional untuk melakukan pemesanan sekaligus pembelian tiket pesawat. Meskipun kelihatannya lebih praktis, membeli melalui agen konvensional biasanya cenderung lebih mahal.

Jika tidak terlalu paham dengan internet dan teknologi, Anda bisa memesan tiket melalui aplikasi Airy. Karena user interface aplikasi tersebut sangatlah sederhana sehingga orang yang paling gaptek pun bisa menggunakannya. Pilihan maskapai yang disediakan juga sangat lengkap mulai dari Lion Air hingga tiket pesawat Garuda tersedia disini. Semoga tips di atas bisa menjadi referensi agar Anda tidak gagal booking di Airy. Selamat berlibur!!

Penulis : Infomercial
Editor: Infomercial
Berita Terkait