Menjelajah Wisata Kota Dili yang Masih Perawan

Romauli Gultom | 10 September 2018 | 08:48 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Jika Anda mengaku pecinta travelling dan ingin keliling Indonesia menikmati tempat wisata dan pemandangan pantai yang indah, jangan lewatkan destinasi wisata ke Kota Dili, Timor Leste.

Timor Timur adalah salah satu tujuan pariwisata dunia tanpa tanda jasa. Tak dipungkiri, jumlah wisatawan ke sini masih rendah dibandingkan dengan tempat-tempat lain. Bisa dibilang, ada kelangkaan penerbangan ke Dili.

Tetapi itu dulu, kini kota yang kerap dijuluki sebagai Havana di Asia ini mulai menunjukkan geliat pertumbuhan potensi wisata. Apalagi dengan mulai dibukanya berbagai rute dari dan ke Dili oleh berbagai maskapai penerbangan internasional, termasuk salah satunya Citilink asal Indonesia.

Diresmikan pada 2017, Citilink menawarkan rute terbang secara langsung dari Jakarta, yang memakan waktu tempuh sekitar tiga jam lamanya.

Berbagai aktivitas menyenangkan bisa kamu lakukan, seperti menyelam, menonton ikan paus, trekking, bersepeda, pemandangan indah, mengemudi gunung yang menakjubkan, dan pantai pasir putih yang indah. .

Berikut adalah berbagai atraksi wisata yang bisa kamu jelajahi di Dili :

1. Lokasi Penyelaman Spektakuler

Terletak tidak jauh dari Dili, terdapat sebuah lokasi penyelaman spektakuler yang membentang di sepanjang punggung bukit yang terendam di pantai dekat Tibar. Di sini, selama kurang lebih 30 menit menyelam, kamu akan dengan mudah menemukan barisan hewan laut menarik, seperti hiu kecil, tuna, kura-kura, mackerel, dan barakuda. Tempat menyelam lain yang bagus adalah Pulau Atauro, 20 kilometer dengan perahu dari pelabuhan Dili. Dalam perjalanan ke sana, kamu mungkin melihat sekolah-sekolah memancing lumba-lumba di air atau berlomba di sepanjang taksi air, sementara di bulan Oktober dan November, paus bungkuk dan kadang-kadang paus sperma muncul di lepas pantai.

2. Menikmati Keindahan Pantai

Permata di mahkota negara adalah Pulau Jaco, titik paling timur di Timor Timur, enam jam perjalanan dari Dili melalui bukit-bukit hijau dan jalan-jalan yang berliku, yang ditinggikan menghadap curam ke air biru di bawahnya. Ada banyak pantai berpasir putih di dekat ibu kota juga, terutama Areia Branca (bahasa Portugis untuk "pasir putih") dan Pantai Dolar.

3. Pemandangan yang Belum Terjamah

Sebagian besar wilayah Timor Timur bergunung-gunung, menawarkan pemandangan yang indah tetapi membutuhkan kehati-hatian dlaam mengemudi di atasnya. Gunung Ramelau adalah titik tertinggi Timor Timur, yakni mencapai ketinggain 2.963 meter, dan merupakan pendakian tiga jam yang cukup mudah ke puncak setelah berkendara dari Dili. Luangkan waktumu untuk bersantai di pousada di Maubisse. Perjalanan pantai dari Dili ke kota kedua Baucau sangat berharga demi pemandangan alamnya yang indah. Lakukan itu, bermalam di Baucau, dekat pantai yang lebih indah, lalu lanjutkan ke arah timur ke Com dan Jaco Island.

Penulis : Romauli Gultom
Editor: Romauli Gultom
Berita Terkait