Rekomendasi Tempat Wisata Kuliner di Jogja yang Wajib Didatangi Saat Berlibur

Airy | 31 Januari 2019 | 15:35 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Yogyakarta atau Jogja memiliki banyak sekali tempat wisata yang menarik dan memikat. Dalam satu kota Anda bisa mendapatkan banyak hal mulai dari wisata sejarah, wisata budaya, wisata alam, dan yang tidak boleh ketinggalan adalah wisata kuliner sampai puas.

Kalau Anda kebetulan akan melakukan perjalanan ke Jogja, siapkan itinerary dengan baik. Dalam rencana perjalanan itu jangan lupa sisipkan rekomendasi beberapa kuliner khas Yogyakarta yang nikmat di bawah ini.

1. Gudeg Mbah Lindu

Belum ke Jogja kalau belu menyantap gudeg yang nikmat dan legendaris dari Mbah Lindu. Wanita yang sudah berusia nyaris satu abad itu aktif berjualan sejak puluhan tahun lalu. Mbah Lindu memasak semua gudegnya secara alami dan tetap mempertahankan rasanya sampai sekarang.

Gudeg yang dijual Mbah Lindu termasuk gudeg klasik dengan rasa yang dominan manis. Selanjutnya untuk menambah kenikmatan ditambahkan juga krecek dan juga suwiran ayam. Satu porsi gudeg dari Mbah Lindu yang berjualan di Jalan Sosromeduran ini hanya dibanderol mulai Rp15.000 saja.

2. Sate Klatak

Di Jogja juga ada sate kambing dengan racikan bumbu yang khas dan penyajian yang unik. Makanan ini dimasak dengan ruji dari sepeda yang telah dibersihkan. Satu tusuk sate berisi banyak daging yang dipotong dengan ukiran lumayan besar.

Saat dibakar sate hanya dibumbui seadanya, tidak dengan kecap dan kacang seperti sate Madura. Setelah dibakar, sate akan disajikan dengan saus dari kecap yang diberi cabai sesuai dengan selera. Beberapa kedai sate klatak juga menyediakan kuah segar untuk menambah kenikmatan.

3. Oseng Mercon Bu Narti

Nama dari Bu Narti sebagai salah satu peracik oseng mercon memang tidak bisa dilepaskan dari kuliner Jogja. Setelah berjualan salam 20 tahun, beliau menjadi legenda untuk makanan pedas dengan rasa nikmat dan membuat siapa saja jadi ketagihan untuk mencobanya setiap malam.

Oseng mercon yang terdiri dari daging, lemak, jeroan, dan tulang muda ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp15.000 saja. Anda bisa mendapatkannya di jalan Kiai Haij Ahmad Dahlan Kota Yogyakarta. Jam bukanya mulai pukul 18.00-23.00 setiap hari.

4. Mangut Lele Mbah Marto

Mangut lele adalah kuliner yang terbuat dari lele yang digoreng garing atau diasap lalu diberi kuah mangut yang gurih dan segar. Penyajian dari mangut biasanya ditemani dengan nasi putih yang masih hangat dan aneka lauk lainnya. 

Salah satu mangut lele terbaik yang ada di Jogja berada di Jalan Parangtritis, Sewon, Yogyakarta. Satu porsi dari makanan ini sekitar Rp25.000.

Inilah beberapa tempat wisata di Jogja yang menawarkan kuliner terbaik dan wajib dicoba sampai puas. Kalau Anda menginginkan kuliner lain untuk dicoba lakukan esok harinya. Menginaplah dahulu di sini untuk meluruhkan rasa capai.

Anda bisa menginap di salah satu hotel yang bekerja sama dengan Airy. Hotel dalam jaringan itu dikenal murah dan menawarkan banyak sekali fasilitas. Kalau Anda menginap di sana, beberapa fasilitas seperti kamar mandi dengan air hangat, perlengkapan mandi, televisi layar datar, pendingin ruangan AC, koneksi nirkabel, kasur yang bersih, dan air mineral gratis.

Semua fasilitas hotel di Jogja bisa didapatkan dengan mudah kalau Anda memesan melalui aplikasi ponsel Android dan Apple atau melalui website. Setelah Anda booking hotel yang diinginkan, Anda bisa langsung melakukan pembayaran dengan transfer bank atau kartu kredit.

Bagaimana, siap melakukan penjelajahan rasa di Jogja, kan?
 

Penulis : Airy
Editor: Airy
Berita Terkait