Serunya Lomba Lari Sambil Menikmati Keindahan The Hidden Paradise Sumatera Barat

Romauli Gultom | 4 Maret 2019 | 11:27 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Keindahan alam di Kawasan Wisata Mandeh, Sumatera Barat menjadi daya tarik yang indah bagi para pelari dalam ajang lomba lari BRI Mandeh Run 2019 yang digelar akhir pekan lalu.

Ajang ini sebagai bentuk dukungan atas sport tourism yang disebut mampu meningkatkan perekonomian masyarakat lokal lewat pariwisata.

Diikuti oleh 2000 peserta , event ini tidak saja diramaikan oleh mereka yang berasal dari Sumatera Barat, Peserta juga berdatangan dari seluruh Indonesia, bahkan dari luar Indonesia. Tercatat beberapa peserta datang dari Kenya dan juga Belanda.

"Ini merupakan ajang prestisius bagi para pelari. Mereka semua berpacu memperebutkan total hadiah Rp400 juta pada 4 kategori lari. Kategori lari 5K, 10K dan 21K Nasional dan 21K Internasional," ungkap Inisiator BRI Mandeh Run sekaligus Komisaris Utama Bank BRI Andrinof A Chaniago, Minggu (3/3).

Bertarung di track Mandeh jelas membuat sebuah perbedaan bagi para pelari. Strategi matang diperlukan dalam menaklukan lintasan. Bagaimana tidak, baru beberapa puluh meter saja para pelari telah dihadapkan dengan tanjakan curam diikuti dengan turunan yang memancing adrealin.

"Track Mandeh jelas berbeda. Sangat menantang dari awal sampai akhir. Tapi semua terbayar dengan view eksotis yang ditawarkan kawasan ini," kata Andrinov.

Bukan hanya medan yang menantang, rute lari juga memiliki keunikan dengan adanya perbedaan lokasi start pada kategori yang dilombakan. Lokasi  start 18 K berada di Simpang Tiga Mandeh, sedangkan lokasi start 5K dan 10K berada di Sungai Nyalo. Peserta dari 3 kategori ini kemudian akan finish di titik yang sama yaitu Sungai Nyalo. 

Perbedaan rute ini dimaksudkan untuk memberikan variasi bagi peserta, belum lagi suguhan keindahan alam yang dinikmati peserta selama berlari. 

BRI Mandeh Run 2019 juga dihadiri Gubernur Sumatera Barat Bapak Irwan Prayitno, Komisaris Utama BRI Bapak Andrinof Chaniago,  Direktur Utama BRI Bapak Suprajarto, Kapolda Sumbar Irjenpol Fakharizal, Bupati Pesisir Selatan Bapak Hendra Joni, dan Danlantamal II Laksamana Pertama TNI Agus Sulaiman. 

Tak ketinggalan, dua artis Ibnu Jamil dan Melissa Karim pun bersemangat mengikuti kategori 5K. 

"Sumbar mempunyai potensi besar sebagai destinasi sport tourism dunia. Tracknya mulus dengan suguhan pemandangan yang luar biasa. Saya berharap kegiatan lari international ini bisa menjadi agenda tahunan di kawasan Mandeh," ujar Menpar Arief Yahya. 

Penulis : Romauli Gultom
Editor: Romauli Gultom
Berita Terkait