Wisata Pulau Seribu, Kini Ada Pilihan Transportasi Modern

Ari Kurniawan | 23 Juni 2019 | 02:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Sejak Oktober 2018, wisatawan atau masyarakat Kepulauan Seribu bisa menikmati pilihan transportasi baru. Namanya, kapal Trans 1000. Sebanyak 16 kapal disediakan, yang masing-masing mampu menampung hingga 200 orang. 

Direktur Utama PT. Trans 1000, Nana Suryana, mengatakan 16 kapal tersebut menggantikan kapal tradisional yang sekarang beroperasi di Pelabuhan Kali Adem, Jakarta Utara.

"Kapal cepat ini bermaterial alumunium. Mesin out boat 5 unit 350 PK. Ini mumpuni untuk di perairan teluk Jakarta, Kepulauan Seribu," kata Nana.

Kapal ini, lanjut Nana, menjamin keamanan, kenyamanan, dan keselamatan penumpang ke Kepulauan Seribu. Sebab, selama ini kapal tradisional tidak memiliki dokumen pelayaran.

Kehadiran Trans 1000 tidak lantas mematikan kapal-kapal tradisional yang lebih dulu eksis. Menurut Nana, pihaknya akan membantu proses peremajaan kapal tradisional agar bisa kembali berlayar. Khususnya untuk mengangkut barang. 

"Nanti kita pakai e-ticketing. Kapal yang tradisional diremajakan secara bertahap. Ada integrasi kapal tradisional menjadi kapal modern dan kapal tradisional menjadi kapal kargo," imbuh Nana.

Nana menyebutkan, pihaknya juga menggandeng POM AL untuk menjalankan operasional dan manajemen kapal cepat tersebut, khususnya pengamanan.

(ari)

Penulis : Ari Kurniawan
Editor: Ari Kurniawan
Berita Terkait