8 Barang Yang Wajib Dibawa Saat Naik Bus di Masa New Normal

Romauli | 17 September 2020 | 00:34 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Ketika Anda hendak bepergian dengan menggunakan transportasi umum, seperti tiket Damri bisa dibeli secara online, maka ada beberapa hal yang harus Anda terapkan di era adaptasi kebiasaan baru saat ini.

Ada beberapa barang penting yang harus selalu disiapkan di dalam tas. Apa saja barang-barang yang wajib dibawa tersebut?

1. Hand Sanitizer

Ketika Anda sedang naik bus, maka biasanya Anda akan memegang bagian-bagian tertentu seperti kursi, tiang, dan sebagainya. Dan selama di bus pun Anda tidak bisa menemukan tempat cuci tangan atau wastafel. Jadi, untuk menghindari dari bakteri-bakteri di benda yang Anda pegang tersebut, sebaiknya sediakan selalu hand sanitizer di tas Anda yang biasanya dikemas dalam bentuk botol.

2. Masker Cadangan

Karena selama masa pandemi ini setiap orang diwajibkan untuk memakai masker agar tidak terpapar virus melalui mulut dan juga hidung. Selain itu, Anda juga perlu membawa cadangan masker di tas. Jika suatu waktu masker yang Anda pakai kotor, maka bisa langsung diganti. Disarankan agar mengganti masker setiap 4 jam sekali dengan masker yang higienis.

3. Membawa Botol Minum Sendiri

Lebih baik membawa sendiri minum dari rumah dengan botol Anda. Selain hanya digunakan secara pribadi dan sudah terjamin kebersihannya, cara ini juga efektif untuk mengurangi sampah plastik dari minuman kemasan yang Anda beli.

4. Membawa Peralatan Makan Sendiri

Jika Anda naik bus dengan jarak yang cukup jauh, biasanya bus akan mampir di tempat pemberhentian seperti rumah makan untuk beristirahat sejenak. Meskipun sudah disediakan peralatan makan, lebih baik jika Anda membawa sendiri peralatan makan pribadi Anda. Cara ini bisa menjamin kebersihannya.

5. Tisu Basah

Tisu basah ini bisa sebagai pengganti handsanitizer untuk mengelap tangan Anda. Bahkan Anda bisa menggunakan tisu basah ini untuk mengelap beberapa benda, seperti HP, kursi yang akan Anda duduki, dan benda lainnya agar lebih higienis sebelum Anda sentuh atau gunakan. 

6. Bantal Travelling Dan Jaket

Anda bisa berjaga-jaga dengan membawa bantal travelling atau bantal leher sendiri dan jaket agar tidak kedinginan selama di perjalanan akibat AC. 

7.  Vitamin

Di masa pandemi penting untuk menjaga daya tahan tubuhnya agar tidak mudah terpapar penyakit. Pastikan selalu ada vitamin di tas dan bisa mengonsumsinya di mana saja.

8. Baju Lengan Panjang

Sebaiknya gunakan baju yang berlengan panjang agar tubuh Anda tidak berkontak langsung dengan penumpang lainnya atau dengan benda-benda yang ada di sekitar Anda.

Dengan begitu, di masa new normal ini tidak hanya pihak penyedia transportasi umum saja yang menerapkan protokol kesehatan. Tetapi Anda sebagai penumpang juga turut menerapkannya dengan membawa barang-barang yang bisa melindungi diri. 

Penulis : Romauli
Editor: Romauli
Berita Terkait