Kiat Berwisata Aman bagi Pelancong Tunggal Wanita (bagian 2 - habis)

Rizki Adis Abeba | 11 Maret 2018 | 08:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Claudia Kaunang, pelancong tunggal sekaligus penulis 10 buku panduan wisata hemat, mengatakan kebanyakan wanita Indonesia masih takut-takut bepergian seorang diri.

“Banyak yang dipikirkan, takut begini, takut begitu. Nah, ketakutan ini yang akhirnya membuat kita ragu untuk melangkah. Padahal sebenarnya kalau kita mau pergi ke tempat-tempat yang sudah banyak ulasannya di internet, aman,” urai Claudia, yang juga berpengalaman memandu banyak orang berwisata ke luar negeri.

Claudia membagi pengalaman dan kiatnya untuk Anda, wanita yang ingin melancong sendirian.

Gunakan pengaman tas

Claudia menyarankan agar Anda membawa koper dengan kunci pengaman dan ransel anticopet.

“Saya juga punya cable lock yang bisa digunakan untuk mengikat ransel dan koper ke tempat tidur. Saya sudah cukup siap untuk hal-hal seperti itu,” sebut dia.

Namun jika ia bepergian ke negara yang dirasa sangat aman seperti Singapura atau Jepang, cukup menggunakan ransel biasa.

Tunjukkan wajah percaya diri

Tindak kejahatan bisa menimpa siapa saja, namun penjahat biasanya bisa mencium gelagat orang yang ketakutan atau merasa tidak aman.

“Saat jalan, harus pede. Jangan kelihatan sedang ketakutan, karena aura ketakutan akan memancar sehingga menarik orang untuk melakukan tindak kriminal terhadap kita,” ia memperingatkan.

Jangan lengah

Terkadang Anda terlalu terpesona dengan pemandangan atau bangunan sehingga terlena dan tidak sepenuhnya menyadari kondisi di sekitar Anda. Atau Anda keasyikan berfoto-foto sehingga tidak sadar bahaya mengintai.

“Jangan sampai wow moment membuat Anda lengah,” ucap Claudia.

selesai

(riz / gur)

Penulis : Rizki Adis Abeba
Editor: Rizki Adis Abeba
Berita Terkait