Kuliner Ramadhan 2018: Ini 5 Makanan Nasional Pilihan Kementerian Pariwisata

Andira Putri | 17 Mei 2018 | 21:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Kuliner merupakan salah satu daya tarik pariwisata Indonesia. Setiap daerah memiliki jenis kuliner beragam yang menggugah selera. Penjualannya pun marak selama Ramadhan 2018.

Meski begitu, ragam kuliner Indonesia ternyata sempat menjadi bumerang. Banyak orang susah mendefinisikan apa makanan khas Indonesia. 

Kementerian Pariwisata berusaha mengatasi masalah tersebut dengan menunjuk lima makanan nasional. Langkah ini diharapkan bisa mempermudah bentuk promosi kuliner Indonesia.

"Kami mempromosikan lima makanan sebagai national food. Kehadirannya diharapkan bisa menarik orang lain. Kemudian ini bisa lebih mudah mempromosikan sebuah destinasi," kata Vita Datau Mesakkh selaku Kepala Tim Percepatan Wisata Kuliner dan Belanja Kementerian Pariwisata Indonesia dalam peluncuran Kuliner Traveloka di Paradigma, Cikini, Jakarta Pusat, Rabu (9/5).

Berikut lima makanan nasional pilihan Kementerian Pariwisata yang bisa menjadi inspirasi Ramadhan 2018:

1. Rendang

Kenikmatan rendang sudah diakui secara internasional. CNN pernah memilih masakan khas Sumatera Barat ini sebagai hidangan terenak di seluruh dunia pada tahun 2017. Kombinasi daging empuk dan bumbu pedas menjadi kekuatan rendang. Teksturnya yang mengenyangkan membuat rendang cocok disantap saat Ramadhan.

2. Nasi Goreng

Nasi goreng menjadi wadah masyarakat Indonesia bereksperimen. Mereka bebas memasukan lauk dan bumbu apa saja dalam nasi yang digoreng dengan kecap. Bahan-bahan yang umum ditaburkan adalah telur, acar, ayam, sosis hingga udang. Cara memasaknya mudah sehingga bisa menjadi alternatif menu Ramadhan 2018. 

3. Gado-gado

Kementerian Pariwisata menyebut gado-gado mirip salad. Kedua makanan ini sama-sama menawarkan berbagai macam sayuran. Perbedaannya adalah salad tidak memiliki lontong seperti gado-gado. Kemudian tidak semua salad disiram bumbu kacang layaknya gado-gado. Bahan sayuran membuat gado-gado bisa menambah nutrisi Anda selama Ramadhan 2018.

4. Sate

Sate bisa dibilang sebagai kuliner unik di Indonesia. Pasalnya, sate dihidangkan di berbagai daerah dengan bumbu berbeda. Sate khas Padang memiliki bumbu berwarna kuning yang pekat. Sementara sate khas Madura menghadirkan bumbu kacang berwarna cokelat. Variasi rasanya bisa disesuaikan preferensi.

5. Soto

Sama seperti sate, soto menghadirkan rasa berbeda pada setiap daerah. Ada Soto Betawi yang berkuah santan dengan lauk daging. Ada juga Soto Kudus yang dipenuhi ayam serta berkuah bening. Meski bahannya berbeda, semua soto memiliki cita rasa gurih.

(dira/bin)

Penulis : Andira Putri
Editor: Andira Putri
Berita Terkait