Mengenal Berbagai Macam Peralatan untuk Menyajikan Kopi - Tabloidbintang.com
Mengenal Berbagai Macam Peralatan untuk Menyajikan Kopi
Mengenal Berbagai Macam Peralatan untuk Menyajikan Kopi

Mengenal Berbagai Macam Peralatan untuk Menyajikan Kopi

Kamis, 15 Oktober 2020 01:00:33 WIB | HOME.CO.ID
A+ | Reset | A-

TABLOIDBINTANG.COM - Tren minum kopi kini merajalela, ditandai dengan hadirnya begitu banyak kedai kopi di berbagai wilayah. Di masa pandemi ini tentu akan lebih menyenangkan juga kalau kita bisa menikmati kopi di rumah, apalagi kini banyak dijual biji kopi asli Indonesia yang rasanya sudah sangat mendunia.  Tinggal beli online, mudah kan.

Tapi, untuk membuat kopi di rumah, beberapa peralatan harus kita miliki. Berikut beberapa diantaranya.

1. Roaster
Ada dua macam  biji kopi, yang masih mentah atau belum dipanggang disebut green bean, dan yang sudah dipanggang.  Bila Anda mendapatkan green bean, Anda harus memanggangnya dahulu. Tahukah Anda bahwa memanggang kopi di rumah itu sangat mudah. Ada banyak jenis pemanggang kopi untuk di rumah yang dijual di pasaran. Anda juga bisa melakukannya pakai wajan di atas kompor, bisa juga menggunakan oven kecil atau pembuat popcorn sederhana.

2. Grinder
Grinder adalah penghalus biji kopi.  Setelah dipanggang, biji kopi kita haluskan dengan menggunakan grinderGrinder ada yang mekanis, dalam hal ini memutar dengan tangan dan kumpulan pisau-pisau melumat biji kopi, ada juga yang elektrik, tinggal tekan sebuah tombol, lalu biji kopi menjadi halus. 

3. Pemanas air
Untuk menyeduh kopi, diperlukan air panas. Anda bisa menempatkan kompor untuk memasak air, bisa juga menggunakan pemanas air elektrik. Setelah mendidih sebaiknya air ditempatkan di teko terlebih dahulu, sekaligus mendinginkannya sekejap, karena kopi yang diseduh dengan air yang baru mendidih akan membuatnya hangus.

4. Berbagai alat penyeduh kopi
Kita sebut saja menyeduh, padahal dalam bahasa Inggris brewing, menyeduh kopi sekaligus menyaringnya untuk kemudian dituang ke dalam cangkir untuk bisa dinikmati. Ada berbagai macam brewing aquipment yang bisa dipilih. Kata orang memiliki semuanya akan lebih baik, sehingga kita bisa menikmati kopi dengan berbagai cara dan merasakan perbedaannya.

Kalau memiliki mesin espresso, maka brewing dilakukan dengan menempatkan kopi dan air, menyetel beberapa saat kemudian menunggu air selesai menetes. Espresso tersedia, tinggal diminum atau dijadikan dasar untuk membuat minuman kopi lainnya seperti capuccinocafe late, dan sebagainya. 

Bila tidak punya mesin espresso, kita bisa gunakan french press, moka potaeropressvacuum potdripper, dan lain  sebagainya.

Penulis HOME.CO.ID
Editor Tubagus Guritno
TAG: #Kopi
loading...
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore
YANG INI LEBIH HEBOH
KOMENTAR