Tips dan Kegunaan dari Kompor Portable

Redaksi | 21 Desember 2020 | 00:14 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Salah satu alat wajib yang harus kamu miliki di rumah adalah kompor. Tidak dapat dipungkiri, kompor sudah menjadi kebutuhan utama manusia. Bagaikan masakan tanpa garam jika di dapur kamu tidak memiliki kompor.

Tidak hanya di dapur, kini ada juga kompor portable yang dapat digunakan pada saat berkemah atau kegiatan ruang terbuka lainnya. Kompor portable dengan gas ini agaknya memang menjadi sebuah teman yang tepat untuk menemani kamu dalam aktivitas travelling.

Kompor portable memang merupakan jenis kompor yang paling sering digunakan saat berkemah atau mendaki gunung karena kompor ini mudah digunakan. Karena, mudah dibawa, ukurannya kecil. 

Dari segi bentuk, jenis kompor yang satu ini sebetulnya tidak jauh berbeda dengan kompor konvensional. Hanya saja kompor portable didesain lebih ringkas dengan tambahan fitur tabung gas butana sebagai bahan bakar untuk menyalakan api.

Saat ini sudah banyak produsen ternama yang mengeluarkan kompor portable seperti Rinnai, Kenmaster, Oxone dan lainnya yang memproduksi berbagai jenis kompor portable dengan berbagai varian, desain dan harga yang beragam.

Kompor gas portabel kini juga sering digunakan di rumah makan dengan konsep all you can eat dan konsep self-cooking. Berikut cara memilih kompor gas portabel yang bisa membantu kamu dalam kegiatan masak-memasak.

1. Pilih Sesuai Tempat Pemakaian
Tempat pemakaian kompor gas portable dibagi menjadi dua bagian, yaitu indoor dan outdoor. Disarankan agar kamu mengecek keterangan spesifikasi produk seperti halnya saat memeriksa konsumsi bahan bakar yang digunakan. Jika menggunakan kompor gas portable di rumah, pilihlah produk yang hemat bahan bakar. Kalaupun kamu tidak menemukan keterangan “ekonomis” misalnya pada nama suatu produk, bukan berarti kompor gas portable tersebut tidak hemat bahan bakar.

2. Kompor Gas Portable dengan Pelindung Angin, Cocok untuk Luar Ruangan
Tidak seperti kompor gas portable untuk di dalam ruangan, kompor gas yang didesain untuk digunakan di luar ruangan biasanya memiliki kaca atau penyangga yang berfungsi sebagai pelindung angin agar api tetap bisa menyala dengan tahan lama.

3. Memiliki Daya Minimal 2500 Kkal/Jam
Pastikan kompor yang kamu pilih memiliki daya minimal 2500 kkal/jam untuk keperluan masak-memasak. Misalnya kompor gas portabel jenis ekonomis. Kompor gas portable tipe ini meminimalisir jumlah panas yang dihasilkan untuk menghemat pemakaian bahan bakar, tetapi tetap mempertahankan kekuatan nyala apinya.

4. Badan Kompor Tipis Dan Ringan
Badan kompor gas yang tipis dan ringan akan memudahkannya untuk dibawa kemana-mana, tidak memerlukan tempat penyimpanan yang luas, dan memiliki stabilitas yang tinggi. Kamu tidak perlu khawatir panci berat yang kamu letakkan di atas kompor akan terjatuh, karena kompor ini cukup stabil dengan badan kompor yang tidak terlalu tinggi. Pastikan bahwa selain badan kompor yang tipis, kompor tersebut tetap memiliki keunggulan lainnya sesuai dengan yang kamu butuhkan.

5. Bahan dan Desain yang Mudah Perawatannya
Pilih yang mudah perawatannya. Apabila kompor kamu sering digunakan, berarti kamu akan semakin sering membersihkannya. Pastikan bagian penyangga pada kompor mudah untuk dicopot dan dipasang kembali pada saat kamu akan membersihkan dari sisa-sisa makanan.

Kemudahan perawatan pada kompor tergantung dari bahan dasar dan desain kompor itu sendiri. Jika bagian atas kompor dilapisi fluorine, ini akan memudahkan kamu membersihkan kotoran yang jatuh dari masakan yang kamu buat. Selain itu, jika tiap komponennya mudah dilepas, perawatannya juga akan lebih mudah dan kamu bisa menjangkau bagian-bagian kompor yang sulit dicapai sekalipun.

6. Dilengkapi Mekanisme Keselamatan
Selain mudah perawatannya, pastikan juga bahwa proses memasang atau melepaskan tabung gas pada suatu produk bisa dilakukan dengan mudah. Jangan lupa untuk mengecek juga apakah kompor tersebut memiliki fitur untuk mematikan api secara otomatis jika mendeteksi bahaya. 

Penulis : Redaksi
Editor: Redaksi
Berita Terkait